Pasangan Cabub dan Wabub Samsudin Anggiluli saat di arak Ke KPU Sorsel - Jubi,niko

Hasil Paripurna Penetapan Bupati/Wabup Sorsel Diserahkan ke Pemprov

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-Dokumen hasil sidang paripurna DPRD Kabupaten Sorong Selatan tentang penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih, Samsuddin Anggiluli dan Martinus Salamuk, telah diserahkan secara langsung kepada pemerintah Provinsi Papua Barat, kemarin.

Penyerahan dokumen hasil sidang penetapan bupati dan wakil bupati Sorsel itu, diserahkan secara langsung oleh Ketua DPRD Sorong Selatan, Julian Kondologit didampingi Penjabat Bupati Sorsel, Derek Apnir kepada Sekda Papua Barat, di halaman kantor Gubernur Papua Barat, Basecamp Arfai, Senin (22/2/2016).

Dalam sambutannya, Julian nyatakan permohonan maaf atas keterlambatan penyerahan hasil sidang paripurna. Hal itu disebabkan, adanya keterlambatan proses sidang paripurna oleh DPRD Sorsel.

Ia berharap, setelah hasil sidang paripurna penetapan ini, diserahkan, Pemerintah Provinsi Papua Barat segera mengurus proses penerbitan SK Bupati terpilih, sehingga mempercepat proses pelantikan Bupati dan wakil bupati terpilih.

Ia pun menyampaikan ucapan terima kasih masyarakat Sorsel atas dedikasi dan pengabdian Penjabat Bupati Sorsel, Derek Apnir yang telah berupaya mensukseskan Pilkada Sorsel, sehingga berjalan aman.

Ia menyatakan, dengan diputuskan sengketa Pilkada Sorsel oleh Mahkamah Konstitusi, dengan menetapkan bupati dan wakil bupati terpilih. Atas dasar putusan MK, maka DPRD menggelar sidang paripurna penetapan bupati/wakil bupati terpili Sorsel.

“Kami lakukan paripurna dewan berdasarkan putusan MK, bersifat final dan mengikat, sehingga bila ada embel-embel politik, silahkan saja, itu hak setiap orang,” ujar Julian.

Ia menyatakan, DPRD Sorsel akan mendukung semua kebijakan pembangunan yang diarahkan pada terwujudnya masyarakat Sorsel yang sejahtera.

Setelah menerima dokumen hasil sidang paripurna penetapan itu, Sekda Papua Barat, Nataniel Mandacan menyatakan akan memproses hasil sidang paripurna itu, sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dokumen ini, lanjut sekda, akan diserahkan kepada Biro Pemerintahan dan Otda Setda Papua Barat untuk ditindaklanjuti ke ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Ia juga memastikan, prosesi pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Sorsel akan diagendakan masuk dalam agenda pelantikan gelombang ke-II, Maret 2016 mendatang. |RIZALDY|EDITOR : BUSTAM

 

Tinggalkan Balasan