Hasil Pileg 2014, Acuan Pengisian Kursi DPRD Pegaf dan Mansel

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Pengisian Kursi DPRD Manokwari Selatan dan Kabupaten Pegunungan Arfak akan dilaksanakan secara terbuka sesuai perolehan suara pada Pemilu legislatif 9 April lalu.

Komisi Pemilihan Umum akan mengundang seluruh partai Politik serta pemerintah daerah Mansel dan Pegaf untuk menghitung perolehan suara partai dan caleg partai masing-masing dalam pengisian kursi DPR dua kabupaten itu.

Sekretaris KPU Manokwari, Rustam Efendi, kepada CAHAYAPAPUA.com, Jumat, (31/10/2014), mengatakan, KPU sangat siap mengisi anggota DPRD di dua kabupaten ini sebab perolehan suara setiap partai sudah ada.

Meski KPU telah memiliki hasil perolehan suara seluruh partai dan caleg pada pileg lalu, namun Pada pengisian nanti, KPU berharap seluruh partai membawa dokumen perolehan suara partai dan calegnya.

” Nanti kita akan hitung sama-sama, sehingga kita sama-sama tahu, siapa caleg yang berhak untuk menduduki kursi di DPRD Mansel dan Pegaf ini,” ucap Rustam.

Meski pengisian siap dilakukan, namun KPU Manokwari masih menunggu peraturan KPU tentang tata cara pengisian kursi DPR bagi daerah Otonomi Baru yang akan dikeluarkan oleh KPU-RI.

Mengenai koordinasi KPU dengan Pemda Mansel maupun Pegaf,  Rustam menjelaskan,  kedua pemda ini sudah siap dalam pengisian kursi DPRD. ” Kantor sementara DPR sudah ada. Bahkan kedua pemda ini pun berulang kali mempertanyakan pengisian ini kepada KPU,” katanya.

Kamis lalu, Ketua KPU Manokwari bersama pejabat Bupati Manokwari Selatan dan Pegunungan Arfak bertolak ke Jakarta untuk mempertanyakan PKPU tatacara pengisian kursi DPR ini.

Menurut Rustam, sangat wajar bila Pemda Mansel maupun Pegaf terus mempertanyakan kejelasan terkait pengisian ini. Sebab, hasil Pemilu sudah ada, dan kedua pemda ini sangat membutuhkan kehadiran DPR.

” Dari partai pun ada yang terus bertanya, namun kami sampaikan pengisian ini akan dilakukan setelah KPU RI mengeluarkan PKPU,” imbuhnya.

Sebelumnya Rustam mengatakan, pengisian dipastikan sebelum Desember. Sebab, sesuai aturan pengambilan sumpah/janji anggota DPRD kabupaten pemekaran dilakukan selambat-lambatnya 4 bulan setelah pengambilan sumpah/janji anggota DPRD kabupaten induk.

Rustam berharap bulan ini pengisian kursi DPRD Mansel Pegaf sudah dapat dilakukan agar pelantikan Anggota DPRD dua kabupaten ini dapat dilaksanakan pada awal Desember.|TOYIBAN

EDITOR: PATRIX BARUMBUN TANDIRERUNG

Tinggalkan Balasan