Hendry Kolondam Nahkodai POBSI Papua Barat

MANOKWARI ,CAHAYAPAPUA.com– Hendry W Kolondam, akhirnya terpilih secara aklamasi pada Musyawarah Provinsi (Musprov) ke III POBSI Papua Barat yang berlangsung sehari, Selasa (8/12) di Gedung Serba Guna Aro – M, Amban.

Hadir pada kegiatan ini Wakil Sekretaris KONI Papua Barat, Fabianus Nambu, tokoh pemuda serta perwakilan POBSI dari Kabupaten Manokwari, Kabupaten Sorong, Kabupaten Fakfak, Kabupaten Kaimana, Kabupaten Teluk Wondama, Kabupaten Teluk Bintuni dan Kabupaten Raja Ampat.

Kepada wartawan, Hendry mengawali dengan mengucapkan puji syukur kepada Tuhan atas kepercayaan yang diberikan komunitas biliar kepadanya dalam rangka membangun POBSI PB kedepan.

Dikatakan POBSI merupakan olahraga prestasi yang diupayakan kedepan lebih bermasyarakat. Ditanya program kerja, Hendry menjelaskan untuk jangka pendek, setelah Musprov ada Rakernas POBSI yang dilanjutkan Kejurnas Junior biliar yang harus disiapkan.

“Itu tantangan awal kita (POBSI PB) yang harus dijawab. Karena ini olahraga prestasi, jadi betul – betul kita harus konsen, seperti apa atlet dibentuk kedepan. Tidak bisa karbitan, tapi bagaimana prestasi itu bisa berjalan dengan baik maupun prosedurnya. Terlepas dari jam terbangnya, namun prestasi berkelanjutan patut diperhatikan,” kata Hendry.

Target POBSI PB, sebut Hendry adalah memaksimalkan, membina serta melahirkan atlet biliar Papua. “Kami akan sosialisasi ke sekolah – sekolah. Bagaimana merangkul dan berdayakan mereka yang suka biliar untuk dibina menjadi atlet berprestasi baik tingkat regional maupun nasional. Saya yakin dengan niat yang sungguh, POBSI PB bisa melahirkan atlet berprestasi. Apalagi saya lihat di ARO – M banyak minat pelajar yang suka bermain biliar,” ujarnya.

Untuk induk organisasi olahraga dalam hal ini KONI Papua Barat, besar harapan Hendry tercipta kerjasama dan hubungan yang baik sama seperti cabang olahraga lainnya.

“Kita sama dengan cabang olahraga lainnya yang kesemuanya berbicara prestasi. Mungkin saat ini cabang olahraga biliar belum memberikan hasil maksimal, namun kepengurusan baru POBSI PB kita punya harapan besar buat atlet – atlet berprestasi dengan menggulirkan rutin kompetisi,” ucapnya.

Sokongan biaya buat kompetisi biliar, sebut Hendry ibarat darah, sebab tanpa itu pihaknya tidak dapat berbuat sesuatu. Alhasil dibutuhkan dukungan semua pihak untuk mewujudkannya. “Dana ini adalah darah, kalau tidak ada darah, tentu kita tidak bisa berbuat sesuatu. Sehingga kami harap dukungan semua pihak. Kita lakukan ini bukan untuk kepentingan pribadi, tetapi buat masyarakat khususnya yang mencintai olahraga prestasi ini,” tutup Hendry.

Sebelumnya, Ketuan Panitia Musprov, M. Bachtiar, SE dalam laporannya menyampaikan pembiayaan pelaksanaan Musprov ke III tahun 2015 berjumlah Rp 35 juta. Dana itu bersumber dari gerakan swadaya dari pecinta dan pemerhati biliar Papua Barat.

“Sejumlah kalangan kerap menyebut biliar identik dengan judi.Itu anggapan keliru yang hendak kita luruskan. Itu menjadi tantangan kami bagaimana POBSI PB bisa melahirkan atlet berprestasi yang dapat membuat bangga masyarakat di Papua Barat,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris KONI PB Fabianus Nambu mengatakan untuk menuju prestasi emas, disitu ada peran organisasi olahraga, pelatih dan atlet. Khusus POBSI PB diharapkan dapat memberikan hasil maksimal untuk KONI PB. “Kami harap reorganisasi POBSI PB dapat melahirkan atlet berprestasi. Managemen organisasi dan kepelatihan, vital dalam menciptakan atlet berprestasi. Kita harap 2020 PON di Jayapura, POBSI bisa ambil bagian,” kata Fabianus.

Tokoh Pemuda Papua Barat, Jefry Auparay yang juga pengurus KNPI PB mendukung Musprov III POBSI PB. Dia mengingatkan KONI Papua Barat dalam menyusun kerangka acuan dana hibah dalam APBD Papua Barat, dapat mengakomodir anggaran bagi POBSI PB. “Menjadi kepedulian kita bersama baik masyarakat maupun KONI Papua Barat untuk melahirkan atlir berprestasi. Saya pribadi akan ikut mengawal peruntukan anggaran bagi POBSI PB, karena hal itu penting dalam menjalankan roda organisasi tersebut,” pungkasnya. |IMRAN

Tinggalkan Balasan