Hermus Indou-Ali Mochtar Ngabalin

HI-Mochtar Optimis Raih Dukungan PDIP

SORONG, Cahayapapua.com— Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua Barat, Hermus Indouw dan Ali Mochtar Ngabalin (HI – Mochtar), Sabtu (9/4/2016) lalu, mengikuti fit and proper test yang digelar Dewan Pimpinan Wilayah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPW- PDIP) Papua Barat di Belagri Hotel Kota Sorong.

HI – Mochtar optimis bisa meraih dukungan dari partai berlambang banteng itu. Kepada wartawan, HI yang juga Ketua KNPI Papua Barat mengatakan, pihaknya menargetkan meraih lima sampai tujuh partai pengusung. “Target kita minimal lima partai, maksimalnya tujuh. Dan yang penting kita bisa capai kuota 20 persen untuk ikut kompetisi,” kata HI.

Menurutnya, semua calon kandidat punya peluang yang sama untuk mendapat dukungan partai, dan sementara ini dari sembilan partai yang melakukan fit and proper test, baru dua partai yang telah diikuti HI – Mochtar.

Ali Mochtar Ngabalin menyatakan siap berpasangan dengan HI karena Provinsi Papua Barat butuh energi yang kuat. Energi baru itu adalah anak muda yang punya kecerdasan dalam berpikir dan bertindak. “ Dan Hermus Indouw adalah yang telah melakukan berbagai hal. Bukan baru kali ini, tapi sudah berbuat jauh sebelum orang berbuat,” nilai Ali.

Untuk diketahui, fit and proper test ini untuk menakar sejauh mana pemahaman para calon dengan komitmen PDIP, diantaranya terkait trisakti atau prinsip bernegara yang meliputi berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi dan berkepribadian di bidang kebudayaan.

Infomasi yang dihimpun media ini, fit and proper test yang diadakan DPW PDIP Papua Barat selama dua hari, diikuti ratusan bakal calon kepala daerah se Tanah Papua. 28 pasangan diantaranya merupakan bakal calon bupati – wakil bupati maupun walikota dan wakil walikota di empat daerah, yaitu Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Kabupaten Tambrauw dan Kabupaten Maybrat. Sedangkan

pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Papua Barat sebanyak 14 pasangan.

Ketua Panitia Pelaksana Fit and Proper Test, Yohana Watofa mengatakan, PDI Perjuangan hanya memiliki empat kursi di DPR Papua Barat, sehingga pihaknya harus berkoalisi untuk bisa mengusung bakal calon yang baik.

“Fit and proper test ini dilakukan oleh utusan DPP sebanyak enam orang ditambah perwakilan dua DPD yang berjumlah 18 orang. Kandidat yang nanti didukung oleh PDI Perjuangan adalah kandidat yang bisa mendukung dan bersinergi dengan program Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo,” katanya.(NSR)

Tinggalkan Balasan