Himpaudi

Hipaudi Gelar Gebyar Paud Festival Fashion Show

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Hari Kartini ke-138 di Kabupaten Manokwari diperingati dengan lomba fashion show tingkat pendidikan anak usia dini. Yang diselenggarakan oleh Himpunan pendidik dan tenaga pendidikan anak usida dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Manokwari.

Kegiatan yang dipusatkan di gedung olah raga Sanggeng, Rabu (26/4/2017) kemarin, diikuti sebanyak 21 lembaga Paud dikota Manokwari. Acara ini juga dibuka langsung oleh Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan yang didampingi bunda Paud Manokwari Purnamasari Mandacan.

Ketua Panitia Pelaksana Agustina Ruruk Girik Allo mengatakan, ide dasar diselenggarakannya gebyar fashion show tingkat Paud ini untuk menumbuh kembangkan keberanian anak dihadapan umum, bercermin dengan jiwa pahlawan wanita Indonesia Kartini.

“Untuk menstimulasi anak agar berani mengekspresikan dirinya diatas panggung, melatih disiplin anak, melatih kesabaran dan meningkatkan kepercayaan dirinya untuk bekal pertumbuhannya,” ujarnya.

Dengan tertanamnya jiwa Kartini sejak dini tentunya akan sangat berpengaruh terhadap tubuh kembang anak. Selain itu sebagai salah satu pembelajaran bagi mental anak saat tampil di depan umum atau orang banyak.

Hal senada juga disampaikan ketua Himpaudi Manokwari Selly Sarungallo, bahwa teladan R.A. Kartini dapat memberikan inspirasi bagi semua orang terutama kaum wanita.

“Kartini menginspirasi wanita untuk lebih berprestasi dalam segala bidang kehidupan tanpa meninggalkan kearifan lokal, dengan tidak melupakan kodras sebagai kaum wanita,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan berharap agar pelaksanaan lomba tersebut tidah hanya untuk mencari siapa juaranya, namun lebih kepada mengenali diri anak dengan terus memperkenalkan nilai-nilai perjuangan seorang Raden Ajeng Kartini.

“Kegiatan ini harus menjadi sarana untuk memperkenalkan nilai-nilai perjuangan Raden ajeng Kartini sedini mungkin, dengan terus mengembangkan potensi anak-anak,” kata bupati.

Dalam kesempatan ini juga bupati berpesan kepada seluruh kaum perempuan di Manokwari untuk memperhatikan tiga hal ini, yakni mencontohi karya dan semangat pejuang, kenali diri dengan terus menginstrospeksi diri sendiri, dan tingkatkan terus rasa persaudaraan.

Selain Bupati, Kapolres Manokwari AKBP Christian Rony Putra, Sik, Mh, yang diwakili oleh Kasat Binmas IPTU Subiyanto, SH menghadiri acara gebyar Paud Festival Fashion Show anak Indonesia yang digelar di Aston Niu Manokwari. (ACS)

Tinggalkan Balasan