baraspati.blogspot.co Ilustrasi

HUT IKT dan Perayaan Injil Masuk Toraja Dipusatkan di Manokwari

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com–– Ratusan warga etnis Toraja se- Papua Barat akan meramaikan Pekan Olahraga Seni- Budaya dan Ibadah Raya yang digelar oleh Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Papua Barat, 22-25 Juni di Manokwari. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT IKT ke- 8 dan Masuknya Injil di Toraja 102 tahun silam.

Ketua Panitia, Kornelius Mangalik mengatakan, hingga Jumat (12/6) sejumlah daerah telah mengonfirmasi kehadirannya. Kegiatan rencananya dipusatkan di Komplek BLK dan Gedung Wanita Manokwari.

“Sejauh ini sudah pasti hadir sekitar 500-an orang utusan dari luar Manokwari. Jika ditambah peserta dari seluruh rayon IKT se-Manokwari, kemungkinan peserta mencapai 1500-an orang. Kami berharap seluruh warga etnis Toraja di Manokwari baik yang menjadi peserta lomba maupun tidak, menunjukkan kekompakan, rasa kekeluargaan yang tinggi dan hadir pada pembukaan 23 Juni nanti di BLK,” katanya.

Menurut rancangan panitia, kegiatan dimeriahkan dengan sejumlah lomba dan atraksi budaya. Diantaranya paduan suara, vocal group, solo (putra/putri), fashion show busana Toraja, tarian kreasi toraja, lomba membaca Sura’ Madatu (Alkitab berbahasa Toraja) dan lainnya.

Sementara turnamen olahraga– baik olahraga prestasi maupun rekreatif-tradisional– yang akan diikuti kontingan dari seluruh kabupaten kota diantaranya futsal, takraw, tenis meja, catur, domino, tarik tambang dan lomba jalan bakeak. Puncak acara akan ditutup dengan ibadah raya. |DUMA T. SANDA