Gubernur Papua Barat Abraham Atururi memeriksa barisan peserta upacara HUT TNI ke 70, kemarin. Perayaan HUT TNI di provinsi Papua Barat dipusatkan di Kota Sorong.

HUT ke 70, TNI Diminta Lebih Merakyat

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com— Kepala Staf Komando Resor Militer 171/Praja Vira Tama Sorong, Kolonel Infrantri Agus A Raub, mengingatkan aparat Tentara Nasional Indonesia, untuk lebih merakyat dalam menjalankan tugas menjaga kedaulatan bangsa.

Hal ini disampaikan Agus A Raub dalam upacara Hari Ulang Tahun TNI ke 70 yang dihadiri ratusan anggota TNI AD, AL dan unsur pemerintah di lapangan Borarsi Manokwari, Papua Barat, Senin (5/9).

Agus A Raub mengatakan, dengan lebih merakyat, TNI dapat membangun kembali jati dirinya sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara yang profesional.

Ia mengatakan, pesan Komandan Resor Militer 171/PVT Sorong, Brigjen TNI Purnawan Widi Andaru tersebut, tidak boleh dilupakan TNI dalam bertugas.

“TNI harus bersama-sama dengan rakyat, karena bersama dengan rakyat TNI akan lebih kuat dalam melaksanakan tugas dan pengabdiannya pada bangsa dan negara, serta diperhitungkan bangsa-bangsa lain di dunia,” ucap Agus A Raub.

TNI juga diminta untuk tidak terkotak-kotak dalam sekat kesukuan, agama, ras dan golongan, sebab TNI merupakan satu kesatuan.

“Dengan persatuan, TNI dapat lebih siap dalam menghadapi corak peperangan dimasa depan, ditengah kondisi geografis negara Indoensia yang merupakan negara maritim,” pesannya.

Lebih jauh TNI ditekankan untuk terus meningatkan pfofesionalitas dalam bertugas. “Negara akan benar-benar pastikan penghormatan yang layak bagi para prajurit-prajurit TNI dalam bertugas,” tambahnya. |ADITH SETYAWAN