HUT Manokwari, Bupati: kebhnikeaan modal membangun daerah

MANOKWARI— Selasa (8/11/2017) kemarin, kota Manokwari tepat berusia ke 119. Di momen tersebut, Pemda Manokwari bersama Forkopimda, pelajar serta elemen masyarakat ikut mengambil bagian pada upacara yang diadakan di Lapangan Borarsi – Manokwari.

Bupati Demas Paulus Mandacan selaku pembina upacara, dalam pidatonya mengajak semua pihak bekerjasama demi terwujudnya Manokwari bisa, bersih, indah, sejahtera dan aman.

“HUT ke 119 kota Manokwari, mari kta jadikan momentum menumbuhkan rasa bangga serta semangat kebhinekaan sebagai modal membangun daerah,” serunya.

Ia pun mengulas peristiwa 8 November 1898 yang ditetapkan sebagai hari jadi kota Manokwari. Saat itu  kehadiran kota Manokwari berawal dari dibentuknya pos pemerintahan Hindia Belanda oleh Residen Ternate, Dr.D.Horst atas nama Gubernur Jenderal Hindia Belanda melantik L.A Van Oosterzee sebagai pengawas wilayah Irian Jaya bagian utara.

“Penetapan hari jadi Kota Manokwari pada 8 November 1898 juga telah ditetapkan dalam Perda No 16/1995,” ucapnya.

Bupati Demas juga berharap momen ini hendaknya dijadikan bahan evaluasi bersama untuk kemudian merefleksikan target yang belum terwujud sebagai inspirasi dalam membangun daerah tersebut.

“Nilai – nilai kearifan lokal di masa lalu perlu dihimpun, diracik dan dipadukan dengan semangat masa kini dengan inovasi teknologi yang berkembang. Artinya  melalui peringatan ini kita sedang membangun rantai kesadaran antara masa lalu dan masa depan, sehingga keduanya saling terhubung sebagai kesatuan yang utuh dan tak terpisahkan,” tandasnya. (cr-79)

Tinggalkan Balasan