STIKIP Muhammadiyah Manokwari

HUT Sumpah Pemuda STKIP Manokwari Buat Sejumlah Lomba, juga Seminar

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Ratusan pelajar dan mahasiswa dilibatkan dalam rangkaian kegiatan peringatan sumpah pemuda ke 87 tahun 2015 oleh STKIP Muhammadiyah Manokwari di kampus Arfai.

Kegiatan tersebut seperti lomba baca puisi, pidato, menulis indah yang melibatkan pelajar SD, SMP, SMA termasuk seminar yang diikuti mahasiswa di lingkungan kampus tersebut.

Ketua Program Studi Bahasa Indonesia STKIP Muhammadiyah Manokwari Jumeri mengatakan, rangkaian kegiatan tersebut digelar oleh Prodi Bahasa Indonesia.

Untuk seminar, prodi bahasa Indonesia mengangkat tema ‘Menggali Potensi Optimalisasi Fungsi Bahasa sebagai Pembentukan Mental Kepribadian Bangsa untuk Memperkokoh Kedudukan Bahasa Indonesia di Tengah Arus Global’

“Kegiatan semacam ini sudah dilakukan dua tahun sebelumnya. Kami berharap ditahun mendatang dapat melibatkan semua prodi, sebab tiga tahun kegiatan ini merupakan inisiatif Prodi bahasa Indonesia,” ujarnya kepada Cahaya Papua.

Ditempat yang sama Wakil Ketua II STKIP Muhamadiyah Murniati, memberi apresiasi terhadap prodi Bahasa Indonesia.

Soal seminar ia mengatakan hal itu merupakan respon mahasiswa untuk membicarakan kondisi kekinian bangsa. Ia berharap para guru disemua tingkatan ditahun-tahun mendatang dapat dilibatkan dalam kegiatan semacam ini.

“Ini karena guru setiap hari menghadapi pemuda. Mereka yang memproses pemuda di daerah ini sehingga perlu adanya asupan pengetahuan tambahan,” tuturnya. “Pelibatan guru untuk mendorong lahirnya karya ilmiah tentang kepemudaan.”

Seminar tersebut diisi oleh perwakilan dosen STKIP Muhammadiyah Manokwari dan perwakilan Kodim 1703/Manokwari. Ada juga orasi ilmiah dalam seminar tersebut. |ADLU RAHARUSUN