Sekda Manokwari FM Lalenoh membacakan sambutan bupati dalam HUT YPK Tanah Papua ke 54 di Manokwari, Selasa lalu. Pemda Manokwari menyinggung wacana pendidikan gratis, dan menegaskan sedang menyusun sejumlah indikator implementasi program tersebut pada tahun 2017.

HUT YPK, Pemda Manokwari Singgung Rencana Pendidikan Gratis

MANOKWARI, Cahayapapua.com Sekretaris Daerah Kabupaten Manokwari FM Lalenoh mengungkap, pemerintah sedang melakukan kajian untuk menetapkan sejumlah indikator dalam program pendidikan gratis yang akan diberlakukan di Manokwari secepatnya.

Lalenoh menyampaikan hal ini ketika membacakan sambutan tertulis bupati dalam acara syukuran Hari Ulang Tahun ke 54 Yayasan Pendidikan Kristen (YPK) Tanah Papua di Manokwari yang dipusatkan di halaman SD YPK Fanindi, Selasa (8/3/2016).

Ia menjelaskan, program pendidikan gratis, yang sedang disiapkan pemerintahan Manokwari dibawah kepemimpinan Demas Paulus Mandacan dan Edi Budoyo akan memakai sejumlah indikator. Nantinya berdasar indikator itu pemerintah akan menyeleksi para siswa/I yang dianggap layak mendapat layanan pendidikan gratis.

“Kami juga sedang berupaya meningkatkan kesejahteraan guru yang merupakan pilar utama dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berkualitas,” kata bupati.

“Kemajuan pendidikan merupakan misi prioritas pembangunan di kabupaten Manokwari. Hanya melalui pendidikan yang unggul, berkualitas, Manokwari dapat menjadi daerah bersih, indah, sejahtera, aman dan damai.

Saya selaku bupati dan wakil bupati memiliki komitemen serta memberikan perhatian serius dan profesioanal dalam bidang pendidikan gratis, bagi siswa dan siswi tahun 2017 mendatang,” ujar bupati menambahkan.

Bupati juga memberi apresiasi kepada YPK —yayasan pendidikan Kristen tertua di Papua— yang telah berperan meningatkan mutu pendidikan di Manokwari.

“Pendidikan merupakan barometer kemajuan bangsa dan negara. Saya mengajak semua pihak terutama yang terlibat langsung dalam proses penyelenggaraan pendidikan YPK untuk terus berjuang bersama-sama melakukan perintah Tuhan untuk membangun manusia yang berkualitas,” pesan bupati.

Dalam syukuran dengan tema “Pergi dan lakukanlah segala perintah Ku” tersebut, juga hadir alumni YPK Manokwari Baltazar Kambuaya. |EDY MUSAHIDIN

Tinggalkan Balasan