Ibu hamil. Foto Ilustrasi: Kompas

Ibu Hamil, Jangan Lupa Memeriksa Kesehatan Gigi

CAHAYAPAPUA.com– Jika sudah menderita masalah gigi, makan pun jadi terganggu seperti malas makan. Padahal ibu hamil perlu asupan gizi seimbang agar bayi sehat.

Sandra Olivia, dokter spesialis periodonsia menyarankan para ibu hamil untuk jangan lupa memeriksa kesehatan gigi dan mulut. Pasalnya, perubahan hormon bisa mengakibatan peradangan gusi saat kehamilan menjadi lebih parah ketimbang yang tidak hamil. “Untuk ibu hamil, membersihkan gigi itu nomor satu. Bersihkan karang gigi paling penting,” katanya.

Mengantisipasi sakit gigi saat hamil sendiri dinilai tak kalah penting. Ini dikarenakan, penanganan masalah gigi dan mulut pada ibu hamil tak boleh sembarangan. Pemberian obat dan penanganan medis harus diperhatikan dampaknya terhadap kesehatan janin dalam kandungan.

Sandra menganjurkan para ibu hamil untuk menunda prosedur mencabut gigi. Namun, jika terasa sakit, disarankan untuk segera ditangani dengan pergi ke dokter gigi. Selain itu, para ibu hamil juga sebaiknya menghindari rontgen gigi karena dapat mengganggu perkembangan janin dan pembiusan.

Diketahui, nyeri pada gigi diduga mampu memicu ibu hamil kontraksi sebelum waktunya sehingga melahirkan bayi prematur. Untuk itu, ibu hamil sebaiknya mencegah sakit gigi maupun gusi.

Meski kadang terasa mual, ibu hamil harus menyikat gigi minimal dua kali sehari. Jika tidak, bakteri bisa menumpuk dan menyebabkan gigi berlubang hingga sakit gigi. Jika sudah menderita masalah gigi, makan pun jadi terganggu seperti malas makan. Padahal ibu hamil perlu asupan gizi seimbang agar bayi sehat. (Dian Maharani/ Kompas)

Tinggalkan Balasan