Ilustrasi layanan di rumah sakit. Foto: Ist

IGD Baru RSUD Manokwari Resmi Beroperasi

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com- Instalasi Gawat Darurat (IGD) di RSUD Manokwari mulai dioperasikan untuk umum, Rabu (19/11/2014). Ini ditandai dengan peresmian gedung IGD atau yang biasanya dikenal dengan UGD (Unit Gawat Darurat) oleh Wakil Bupati Manokwari Roberth KR. Hammar.

IGD yang baru itu memiliki luas 392 meter persegi dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai sehingga memungkinkan pelayanan terhadap pasien menjadi lebih optimal. Gedung IGD mulai dibangun tahun 2011 dan rampung pada tahun 2012 bersumber dari dana Otsus tahun 2011 sebesar 2 miliar lebih.

“Fisik bangunan selesai tahun 2012 kemudian kita lengkapi dengan peralatan dari dana alokasi khusus tahun 2013, “ jelas direktur RSUD Manokwari dr. Firman dalam laporannya.

Bupati Manokwari Bastian Salabai lewat sambutan tertulis yang dibacakan Hammar mengatakan, pembangunan IGD baru bertujuan untuk meningkatkan pelayanan RSUD Manokwari kepada masyarakat.

Karena itu masyarakat diharapkan bisa menjaga dan merawat fasilitas medis tersebut sehingga bisa berfungsi maksimal untuk kepentingan pelayanan kesehatan.

“ Terlebih dalam hal menjaga kebersihan di kawasan RSUD Manokwari sehingga para pasien juga para medis yang bekerja dapat merasakan kenyamanan. Kalau makan pinang, jangan buang ludah pinang sembarangan, “ pesan Bupati.

Wabup Roberth Hammar menambahkan, sebagai pusat rujukan, RSUD Manokwari sudah seharusnya didukung dengan fasilitas dan peralatan medis yang lengkap dan memadai, termasuk tenaga medisnya. Untuk itu, Hammar meminta tim anggaran Pemda (TAPD) agar dalam APBD 2015 memberi perhatian khusus terhadap RSUD.

“ Ke depan, kita harapkan RSUD ini bisa menjadi BLU (badan layanan umum supaya bisa memberikan pelayanan yang baik untuk masyarakat, “ ucap Hammar yang pada kesempatan itu didampingi Sekda Drs. FM Lalenoh bersama sejumlah pimpinan SKPD.|ZACK TONU BALA

 

EDITOR: BUSTAM

Tinggalkan Balasan