Ilustrasi

IKKS Galang Petisi Dukung Penindakan Pelaku Kriminal

SORONG, Cahayapapua.com— Langkah tegas diambil oleh  komunitas Info Kejadian Kota Sorong (IKKS) dengan menggalang Petisi dukungan untuk menindak pelaku kriminalitas.

Donald Alfonsius Rajagukguk selaku Ketua IKKS, menyatakan, pihaknya merasa memiliki tanggung jawab moral, membantu pihak kepolisian dan pemerintah Kota Sorong memerangi angka kriminalitas di daerah itu.

Dia menuturkan, Petisi tersebut yakni menggalang dukungan para anggota komunitas berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan telah diserahkan ke pihak Polres Sorong Kota melalui Kasat Reskrim, AKP Fernando Saragih.

Dia menuturkan, keresahan komunitas yang terbentuk lewat jejaring social (facebock) ini, merasa perlu dan mewakili masyarakat yang berada di wilayah sorong raya dengan memberikan dukungan pada pihak kepolisian memberantas kriminalitas dalam bentuk petisi.

“Ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap kondisi keamanan yang terjadi di Kota Sorong dan Sorong Raya pada umumnya. Dan adanya pemberitaan media beberapa hari kemarin, adanya keberatan dari keluarga pelaku begal atas tindakan yang dilakukan oleh tim Resmob Polres Sorong saat melumpuhkan pelaku dengan timah panas,”Kata Donald Rajagukguk saat ditemui sejumah awak media di Kantor Polres Sorong Kota, Selasa, (07/02) sekira pukul 16.30 WIT.

Dijelaskan Donald, bahwa pihaknya telah bertemu Kasat Reskrim untuk meminta konfirmasi tersebut. Dari hasil konfirmasinya, bahwa pihak kepolisan melakukan tindakan tersebut sudah sesuai prosedur.

Dikemukakannya, penggalangan petisi tersebut, salah satunya didasari semakin meningkatnya pelaku kriminalitas pada malam hari, sehingga hal ini menjadi perhatian serius oleh IKKS. Untuk itu kata dia, lewat diskusi kumunitas masukan melalui pembuatan status dalam komunitas mendapat sekitar 500 like dan puluhan komentar.

Sedangkan dukungan KTP dari anggota Komunitas IKKS diperoleh 150-an KTP. Untuk itu, dengan Petisi yang diserahakan tersebut, meminta pihak kepolisian menindak tegas para pelaku kriminal dan mengharapkan pemerintah ikut memberikan dukungannya.

Terakhir diungkapkannya, terdapat tiga point penting dalam petisi yang diserahkan secara langsung oleh Donald Rajagukguk kepada Polres Sorong Kota yang diwakili oleh Kabag Ops AKP Eko Yusmiarto tersebut.

Diantaranya, mendukung pihak kepolisian menindak tegas para pelaku kejahatan bila diperlukan tembak ditempat jika melakukan perlawanan kepada pihak kepolisian, menindak tegas para penjual minuman keras (Miras) Ilegal, serta menindak tegas para pemabuk yang berkeliaran dijalan yang dapat mengganggu ketentraman dan ketertiban.

“Kiranya petisi ini bisa menjadi semangat pihak kepolisian dan pemerintah dalam menciptakan kantibmas yang aman. Kami juga menghimbau warga kota sorong dan sekitarnya ikut berperan aktif memberi dukungan dan semangat agar Kota Sorong menjadi kota yang damai,” harap Donald Rajagukguk. (NSR)

Tinggalkan Balasan