Warga Toraja pada parade Budaya di Manokwari Selatan beberapa waktu lalu.

IKT Siap Jaga Nama Baik Mansel

MANSEL, Cahayapapua.com—– Warga Toraja yang berdomisili di Kabupaten Manokwari Selatan siap berpartisipasi menjaga nama baik daerah tersebut. Warga Toraja berprinsip bahwa dalam hidup harus menghormati, menjaga serta merawat alam sekitar.

Hal ini disampaikan Ketua Kerukunan Keluarga Toraja Manokwari Selatan, Yohanis Murrung Pasinggi usai mengikuti Parade Budaya yang digelar Tim Ekspedisi NKRI di Lapangan Garuda Ransiki beberapa waktu lalu.

Pada Kesempatan itu IKT Manokwari Selatan memperkenalkan salah satu tarian adatnya sebagai salah satu potensi budaya Manokwari Selatan. Pada kegiatan ini warga Toraja pun memperkenalkan beberapa jenis makanan khas Tanah Toraja.

“Kami sudah ada di sini, dan apa yang kami miliki adalah milik daerah ini, termasuk budaya yang kami punya sudah merupakan bagian dari kekayaan Manokwari Selatan,” kata Pasinggi

Pada kesempatan itu, pasinggi juga menyampaikan bahwa niat keluarga Toraja menjaga nama baik Manokwari Selatan sebagai daerah nusantara mendapat dukungan dari semua keluarga serta para tetua warga Toraja di daerah ini.

Sesuai dengan agenda kegiatan itu warga Toraja itu, menampilkan tarian kegembiraan dengan nama ma’gellu. Tarian tersebut, selain melibatkan para penari, semua orang yang melihatnya diperbolehkan untuk terlibat, baik itu sebatas ikut menari maupun memberikan sebuah hadia yang biasanya disebut ma’toding

“Ini bukan untuk mencari, tetapi Ma’toding ini merupakan bagian dari tarian ini sendiri, biasanya diberikan oleh orang yang hendak ikut menari, namun ada juga yang hanya memberikan Ma’toding namun tidak ikut menari,” ujarnya menjelaskan.

Tarian ini melambangkan sebuah kegembiraan atas kesuksesan sebuah usaha, serta membawa harapan untuk terus mengulang kesuksesan yang telah dicapai.

Pantauan media, Bupati manokawri Selatan markus waran bersama wakil Bupati Wempi Welly Rengkung yang hadir pada kegiatan parade budaya ini tidak tinggal diam, mereka ikut mengambil bagian dalam pertunjukkan salah satu budaya di daerah tersebut

Selain keluarga Toraja, kesempatan itu Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan, Flobamora serta Kawanua pun ikut mempertegas kabupaten tersebut sebagai kabupaten yang kompleks akan budaya. (ACM)

Tinggalkan Balasan