Incumben Klaim Menang di Pilkada Kaimana

KAIMANA, CAHAYAPAPUA.com– Juru bicara Tim Pemenangan Pasangan Matias Mairuma-Ismail Sirfefa (Manis), Charly Maipauw mengatakan dengan tetap menghormati proses rekapitulasi perolehan suara di tingkat distrik dan kabupaten, Tim Manis memastikan bahwa pasangan Matias Mairuma dan Ismail Sirfefa adalah pemenang Pilkada Kabupaten Kaimana. Klaim kemenangan ini mengacu pada data perolehan suara sementara pasangan calon dari 151 TPS yang tersebar di tujuh wilayah Distrik se-Kabupaten Kaimana.

Charly Maipauw menyampaikan hal ini saat dimintai tanggapannya terkait hasil perhitungan suara sementara pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kaimana Tahun 2015 yang menempatkan Manis pada urutan pertama. Kepada Cahaya Kaimana, Kamis (10/12/2015), Charly tegaskan, tidak dapat terbantahkan bahwa Matias Mairuma dan Ismail Sirfefa adalah pemenang Pilkada 9 Desember 2015 di Kabupaten Kaimana.

Dikatakan, berdasarkan data yang dirangkum Tim Manis dari seluruh TPS menyebutkan, perolehan suara Manis berada pada urutan tertinggi dengan 37,23%, menyusul Freddy Thie-Mohammad Lakotani dengan 32,43% dan urutan ketiga Hasan Achmad — Amos Oruw (HAM) sebesar 30,34%. Sementara berdasarkan total suara, Manis mendapat 9.229 suara, Freddy-Mola 8.038 suara dan HAM 7.521 suara dari total suara sah 24.788. Masih berdasarkan real count tingkat TPS, jumlah surat suara tidak terpakai/rusak dan tidak sah mencapai 9.153, sedangkan surat suara terpakai 73,03%.

“Dengan tetap menghormati proses rekapitulasi di tingkat distrik dan kabupaten, setelah melihat hasil sementara dari setiap TPS, kami dari pasangan calon Matias Mairuma dan Ismail Sirfefa berani mengklaim bahwa Matias Mairuma dan Ismail Sirfefa adalah pemenang Pilkada Kabupaten Kaimana Tahun 2015. Benar bahwa data yang kami sampaikan ini adalah versi Tim Manis, tetapi kami berbicara berdasarkan data dari para saksi yang kami sebarkan di seluruh TPS. Kami yakin dan percaya bahwa data yang mereka rekam adalah data riil perolehan suara di setiap TPS,” tegas Charly.

Dijelaskan, data sementara perolehan suara yang dirangkum Tim Manis belum mencakup keseluruhan TPS karena masih ada 1 TPS yang datanya belum masuk yakni TPS Kampung Pigo. Namun untuk TPS ini tegas Charly, Matias-Ismail dipastikan menang karena Pigo merupakan salah satu basis suara Manis. “Masih ada 1 TPS yang belum masuk yaitu Pigo, tetapi kalau dilihat dari DPT jumlahnya akan menambah persentase kemenangan Manis. Kami optimis karena TPS ini merupakan basis Pak Matias Mairuma dan Ismail Sirfefa,” tandasnya.

Namun meski yakin Manis pemenang Pilkada, Charly Maipauw menghimbau para pendukung Manis agar tetap menjaga stabilitas keamanan sambil menunggu keputusan resmi KPU melalui pleno rekapitulasi. Ia juga meminta para pendukung Manis untuk bersama-sama menjaga dan mengkawal pendistribusian kotak suara dari TPS ke PPD dan dari PPD ke KPU. Kesempatan yang sama Charly juga menyampaikan apresiasi kepada aparat keamanan Polri dan TNI yang telah membantu mengamankan pelaksanaan Pilkada sehingga berjalan aman, lancar dan sesuai target yang diharapkan masyarakat Kabupaten Kaimana. |ISABELA WISANG

Tinggalkan Balasan