Infrastruktur, Moskona Butuh Dukungan APBN

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com– Pemerintah Provinsi Papua Barat dan Kabupaten Teluk Bintuni diminta segera menyampaikan rencana pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di Distrik Moskona Utara dan Moskona Timur, Teluk Bintuni kepada pemerintah pusat.

Hal ini perlu dilakukan, agar pemerintah pusat membantu daerah untuk melaksanakan pembangunan ini. Mengingat  pembangunan jalan dan jembatan menuju dua distrik tersebut membutuhkan anggaran yang cukup besar.

Sekretaris Fraksi Demokrat DPR Papua Barat, Matheos E. Selanno, Rabu (21/1/2015) mengatakan, pembangunan jalan dan jembatan di dua distrik itu harus melibatkan pemerintah pusat. “Tidak  akan selesai jika hanya mengandalkan APBD,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Distrik Moskona Timur Jandry Salakory mengungkap, biaya transportasi dari dan menuju kedua distrik itu sangat mahal. Hanya pesawat yang dapat menembus kedua distrik tersebut.  Ongkos sewa pesawat pulang-pergi menuju distrik itu antara 85 hingga 165 juta.

Kondisi ini membuat, harga kebutuhan pokok melambung dan tidak wajar dibanding daerah lain. Harga bensin misalnya, mencapai 250 ribu per liter, sementara harga gula pasir mencapai 150 per kilogram.

Kondisi ini lanjut Matheos, harus segera disikapi. “Pemerintah daerah harus  menyampaikan kepada pemerintah pusat, agar pemerintah pusat mengambil langkah segera. Kita tidak boleh membiarkan dua distrik ini terisolasi untuk waktu yang lama,” kata Matheos.

Pria yang juga anggota komisi C di DPRPB ini mengaku, komisi  C dalam waktu dekat berencana berkunjung ke Moskona.

Kepala Distrik Moskona Timur dan dua orang anggota DPRD Teluk Bintuni  dalam pemaparannya beberapa waktu lalu di ruang komisi A DPRPB mengatakan,  selain pesawat akses jalan menuju dua distrik ini hanya dapat dilakukan melalui jalan kaki dengan menempuh waktu selama 4 hari 4 malam.

Dari ibukota kabupaten  menuju Moskona utara dan timur harus melintasi 4 sungai yang lebarnya rata-rata 100 meter.

“Dari pemaparan kepala distrik ini, setidaknya dibutuhkan anggaran antara 100 hingga 200 miliar untuk membangun jalan dan jembatan.

Matheos belum memastikan adanya alokasi APBD untuk pembangunan jalan menuju Moskona. Kalaupun ada, APBD Papua Barat dan kabupaten Teluk Bintuni tidak akan mengalokasian anggaran yang besar. Pasalnya, masih banyak jalan dan  jembatan lain yang juga harus dibangun.

Pada tahun anggaran 2015, jelasnya, APBD Papua Barat mengalokasikan anggaran sekitar 700 miliar rupiah untuk pembangunan infrastruktur melalui dinas pekerjaan umum. |RIZALDI

Tinggalkan Balasan