Ekspedisi-NKRI-Subkorwil-Bintuni

Infrastruktur Sumbang Kemiskinan di Bintuni

BINTUNI, Cahayapapua.com—– Tingkat kemahalan di sebagian wilayah Kabupaten Teluk Bintuni menyebabkan persentase angka kemiskinan di kabupaten ini masih terbilang cukup tinggi. Faktornya, akibat infrastruktur jalan yang belum merata begitupun jaringan listriknya.

Penilaian ini disampaikan Kepala Ekspedisi NKRI Subkorwil 5 Bintuni, Kapten Inf. Maman Sutarman kepada Cahaya Papua, baru – baru ini.

“Saya sudah ke Moskona Barat. Disitu ada masyarakat yang meninggalkan kampungnya dan memilih hidup di kota. Akses yang sulit dijangkau membuat kebutuhan apa saja mahal. Contoh, beli rokok saja satu bungkus harganya 30 ribu, mie instan 10 ribu per bungkus,” ungkapnya.

Dilanjutkan, luasnya wilayah Bintuni juga menjadi hambatan bagi pemerintah daerah setempat mengontrol anggaran yang disalurkan ke setiap distrik dan kampung – kampung supaya sesuai peruntukan.

“Kesenjangan terjadi antara warga yang menetap di pesisir dan pegunungan. Ini yang patut diperhatikan dan dicari solusi agar pembangunan merata hingga ke distrik dan kampung – kampung,” imbuhnya. (ART)

Tinggalkan Balasan