Ilustrasi. | Kompasiana

Ingin Pilkada 2015, Bupati dan Pimpinan DPRD Manokwari ke Jakarta

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com—- Bupati Manokwari Bastian Salabai bersama pimpinan DPRD beserta sejumlah pimpinan SKPD terkait sejak Kamis (19/2/2015) bertolak ke Jakarta.

Kunjungan ke Ibukota itu dalam rangka mengupayakan agar Pilkada Kabupaten Manokwari bisa dilaksanakan pada tahun 2015 ini.  Bersama dengan ketua dan komisioner KPUD Manokwari,  Bupati dan rombongan dijadwalkan melakukan audiensi dengan Mendagri Tjahjo Kumolo juga dengan KPU pusat.

“Tadi (kemarin) saya dapat kabar bahwa Bapak Bupati bersama rombongan sedang berada di KPU pusat, “ kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Manokwari Albert Simatupang, di ruang kerjanya, Jumat (20/2/2015).

Seperti diketahui, masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Manokwari berakhir akan pada Februari 2016. Dengan begitu, sesuai jadwal pelaksaan Pilkada serentak yang disusun pemerintah pusat, Pilkada di Kabupaten Manokwari kemungkinan baru akan digelar pada 2017.

Atas dasar itu lah, Bupati bersama DPRD berkeinginan agar Pilkada Manokwari dimajukan ke 2015. Pertimbangan utamanya adalah waktu pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2015 yang dijadwalkan pada Desember nanti hanya berselang dua bulan dari masa akhir jabatan Bupati dan Wakil Bupati Manokwari.

Selain itu, jika harus menunggu ke 2017, maka Kabupaten Manokwari harus dipimpin oleh seorang Pelaksana Tugas Bupati selama satu tahun. Hal ini dikuatirkan berpengaruh terhadap roda pemerintahan yang membuat situasi daerah menjadi tidak kondusif.

“Secara administrasi, Pemkab Manokwari sudah siap menyelenggarakan Pilkada pada 2015  karena anggarannya sudah masuk dalam APBD 2015. Makanya kita berharap lobi yang dilakukan Bapak Bupati dan pimpinan DPR bisa berhasil, “ ujar Simatupang. |ZACK TONU BALA

Tinggalkan Balasan