Siswa SD tampak ceria usai menerima tropy juara gerak jalan berfoto dengan Bupati Bastian Salabai dan Kadisdikpora Manokwari Basnabas Dowansiba (bari belakang-kedua dari kanan) usai peringatan haornas ke-32 di Manokwari, kemarin.

Ini Dampak Pendaftaran Ulang PNS bagi Guru di Manokwari

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com – Keharusan mendaftar ulang bagi seluruh PNS sebagaimana instruksi MenPAN-RB memaksa para guru yang bertugas di wilayah-wilayah yang jauh untuk turun ke kota mengurus berkas-berkas yang dibutuhkan.

Apabila para guru yang berstatus PNS semuanya turun ke kota atau setidaknya datang dalam waktu yang hampir bersamaan, maka bisa timbul masalah. Sebab, sebagian besar sekolah yang ditinggalkan akan libur panjang.

Ini karena hampir semua sekolah di wilayah terpencil hanya diasuh oleh satu atau dua guru PNS. Mengantisipasi hal demikian terjadi, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Manokwari meminta ada perlakukan khusus bagi para guru.

Kepala Disdikpora Barnabas Dowansiba usai upacara peringatan Haornas ke-32 di lapangan Borarsi Manokwari mengatakan, dia telah bertemu langsung dengan Kepala BKD Anton Renyaan untuk meminta ada kelonggaran bagi para guru.

Dia minta agar semua formulir yang harus diisi diperbanyak. Selanjutnya dikirim kepada para guru di wilayah yang jauh agar para guru bisa mengisinya lebih awal tanpa perlu meninggalkan tempat tugas.

“Supaya jauh-jauh hari para guru sudah mulai mengisi data-data mereka. Mereka isi secara manual dulu nanti saya perintahkan staf untuk menginput data mereka itu, “ kata Barnabas.

“Karena kalau mereka datang mengerjakan di kota, ini bisa jadi masalah. Kita cegah supaya jangan sampai sekolah kosong, “ lanjut dia menyebut bahwa BKD sudah setuju dengan permintaan tersebut.

Adapun pendaftaraan ulang PNS saat ini sudah mulai berjalan dan akhir berakhir pada 31 November. Selain mendaftar secara on line, semua PNS wajib menyerahkan berkas-berkas yang menjadi persyaratan kepada BKD.
Jika sampai tenggat waktu tersebut tidak mendaftar, maka PNS bersangkutan dianggap mengundurkan diri. | ZACK TONU BALA