Nataniel D. Mandacan. | CAHAYAPAPUA.com | Dina Rianti

Ini Langkah Pemprov Papua Barat Sikapi Temuan BPK

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com— Sekretaris Daerah Papua Barat Nataniel Mandacan mengatakan pemprov akan melakukan sidang tuntutan Pembendaharaan dan Tuntutan Ganti Rugi (TPTGR) kepada pihak SKPD yang melakukan penyalahgunaan anggaran atau memiliki utang atas uang Negara.

Dikatakan, sidang TPTGR adalah upaya secara internal pemprov Papua Barat untuk menyelesaikan masalah utang SKPD. Menurut BPK Pemprov Papua Barat masih memiliki utang selama dua tahun bertutut-turut.

Menurut Nataniel, seyogyanya jika berdasarkan aturan, batas waktu pengembalian utang negara ini adalah dua tahun, namun karena selama dua tahun ini 2012-2013 masih ada SKPD yang belum menyelesaikan utang, maka akan dilakukan sidang TPTGR secara internal untuk menyelesaikannya.

“Kita akan sidang TPTGR. Kalau ada waktu gubernur lantik pengurus sidang yang akan diketuai oleh sekda. Jadi tidak ada pihak lain aparat hukum masuk untuk menyelidiki temuan itu,” kata mantan kepala BKN Papua ini.

Pemprov Papua Barat menganggap temuan BPK terhadap keuangan sejumlah SKPD di Papua Barat yang “kurang wajar” masih bisa dikembalikan kepada negara. Pemprov menganggap temuan itu sebagai utang yang bisa dilunasi.

Namun menurut dia, akan berbeda jika ada temuan BPK yang sudah memiliki sprindik Kejati. | DINA RIANTI

Tinggalkan Balasan