Ilustrasi. Foto: Kompas

Inilah Nutrisi yang Dibutuhkan Ibu Hamil

CAHAYAPAPUA.com– Seorang wanita hamil harus benar-benar memperhatikan apa yang ia makan. Pasalnya, ibu hamil diwajibkan mengonsumsi makanan yang bergizi, sehingga janin di dalam kandungan mendapatkan asupan nutrisi dan dapat berkembang normal. Sayangnya, ada beberapa ibu hamil yang kurang memperhatikan asupan makanannya. Nah, berikut 5 kebutuhan dasar untuk ibu hamil.

1. Kalori
Bagi ibu hamil, kalori merupakan kebutuhan utama yang harus dikonsumsi. Anda bisa mendapatkan kalori dengan mengonsumsi 4 sehat 5 sempurna, bahkan Anda harus mengonsumsi lebih banyak daripada biasanya. Namun, Anda harus tetap menjaga berat badan supaya tidak naik secara berlebihan. Jadi, pilihlah sumber kalori yang merupakan karbodhidrat kompleks, tanpa lemak, dan diolah dengan cara kukus atau rebus.

2. Asam folat
Asam folat merupakan salah satu asupan yang sangat penting untuk ibu hamil. Pasalnya, asam folat sangat berguna bagi pertumbuhan otak janin, serta bisa mencegah terjadinya cacat pada otak, saraf, dan tulang belakang. Anda bisa mendapatkan asupan asam folat pada sayuran hijau, kacang-kacangan, telur, papaya, brokoli, jeruk, hati, dan suplemen asam folat yang biasanya diberikan oleh dokter kandungan.

3. Kalsium
Salah satu asupan yang dibutuhkan ibu hamil adalah kalsium. Kalsium berguna untuk pertumbuhan dan pertumbuhan gigi dan tulang janin dalam kandungan. Selain itu, dengan mengonsumsi kalsium secara cukup akanterhindar dari osteoporosis. Anda bisa mendapati kalsium pada keju, susu, salmon, bayam, dan almond.

4. Protein
Protein merupakan salah satu asupan yang dibutuhkan ibu hamil. Anda pun diharuskan untuk mengonsumsi lebih banyak protein selama hamil. Pasalnya, protein dibutuhkan untuk pertumbuhan jaringan janin. Ikan, susu, dan telur adalah makanan yang mengandung protein yang dibutuhkan ibu hamil.

5. Zat Besi
Ibu hamil rentan sekali terkena anemia. Oleh karena itu, zat besi bisa menghindari Anda dari anemia. Zat besi berfungsi membantu pembentukan darah terutama sel darah merah. Selain itu, zat besi dapat memperkecil risiko pendarahan saat persalinan berlangsung. Anda bisa mendapatkan asupan zat besi pada hati, daging merah, dan ikan.| SUMBER:  Intisari-Online.com

Tinggalkan Balasan