Aparatur kampung dari 23 kampung se distrik Manokwari Utara mengikuti pembekalan pengelolaan dana desa, Selasa (20/9/2016).

Inspektorat Bekali 23 Kampung Soal Laporan Dana Desa

MANOKWARI, Cahayapapua.com—– Inspektorat Manokwari, Selasa (20/9/2016), membekali 23 kepala kampung se Distrik Manokwari Utara tentang pengelolaan dana desa. Pembekalan ini diharap dapat meningkatkan mutu laporan penggunaan dana desa di distrik tersebut.

Kepala Distrik Manokwari Utara Yusak Dowansiba mengatakan, tujuan utama kegiatan tersebut adalah untuk memahami cara pembuatan laporan penggunaan dana desa dan memahami SIMkeuDES dalam pengaplikasiannya pada pelaporan dana desa. Pencairan dana desa di Manokwari pada tahap pertama tahun 2016 telah mencapai 60 persen.

Perwakilan Pemerintah Manokwari menekankan agar pelatihan tersebut bisa aparatur kampung lebih maksimal menggunakan dana desa dan melaporkannya secara lengkap.

“Saya berharap melalui kegiatan ini bisa memperkuat koordinasi, meningkatkan sinkronisasi, dan bisa mewujudnya kesejahteraan kampung. Sebagaimana kita ketahui bersama pembangunan nasional adalah pembangunan masyarakat seutuhnya, yang diartikan pembangunan harus dilakukan diseluruh bidang,” ujar perwakilan tersebut.

Ia menegaskan bahwa pelaporan penggunaan dana desa menjadi masalah serius karena sebagian besar kampung tidak bisa mencairkan dana desa tahun berjalan akibat laporan yang tidak beres.

“Kalau tidak tahu bisa tanya, demi perbaikan laporan pertanggung jawaban dana desa yang baik, tepat waktu, dan tentunya tidak bermasalah. Kami harap usai kegiatan ini aparatur kampung bisa memiliki kompetensi yang lebih baik lagi,” ujarnya lagi.

Meskipun dana desa tahun 2016 sudah mulai bergulir, tahap pertama sebanyak 60 persen, diharapkan bendara kampung bisa memberikan pertanggungjawaban yang sesuai diakhir tahun anggaran.

Diketahui, dengan terbitnya undang-undang nomer 6 tahun 2014 menjadi awal perkembangan desentralisasi kampunh/desa. Sehingga kampung tidak lagi menjadi objek pembangunan, namun bisa ikut melakukan pembangunan kampung itu sendiri. (ACS)

Tinggalkan Balasan