Kepala Inspektorat Papua Barat H. Mario Sugestiono. Foto: CAHAYAPAPUA.com| Dina Rianti

Inspektorat Papua Barat Blacklist Kontraktor Bermasalah

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.comInspektorat Provinsi Papua Barat baru-baru ini telah mengusulkan nama-nama sejumlah kontraktor yang pernah bekerjasama dengan pemprov Papua Barat kepada sejumlah pihak untuk di-blacklist.

Kepala Inspektorat Papua Barat H M Sugestiono para kontraktor yang di-blacklist tersebut telah dikirim kepada Gubernur Papua Barat Abraham Atuturi, BPK dan BPKP perwakilan Papua Barat, juga kepada lembaga non pemerintah yang memayungi para kontraktor.

“Kami melakukan itu sebagai Badan Pengawas Internal Pemerintah Daerah,” kata Sugestiono ini di ruang kerjanya, kemarin.

Ia mengatakan, kurang lebih 16 rekanan yang telah lama bermitra dengan Pemprov dengan sekitar 14 SKPD baru 4 rekanan yang melunasi hutangnya atas kelebihan bayar dari proyek pemerintah.

“Sisanya masih kurang lebih 12 rekanan yang belum membayar atau baru mencicil untuk dikembalikan kepada pemerintah dengan nilai yang bervariasi,” kata Sugestiono.

Sebelumnya, Inspektorat atas perintah sekda pernah mengumumkan daftar SKPD beserta rekanan yang wajib mengembalikan kelebihan pembayaran atas proyek yang dilakukan. Saat itu Inspektorat memberikan jangka waktu selama kurang lebih 6 bulan agar hutang tersebut dilunasi terhitung dari awal Oktober lalu.

“Kalau sampai habis masa 6 bulan tidak juga dilunasi, maka rekanan itu akan kami blacklist dan kemungkinan besar ini bisa menjadi temuan dari BPK. Jika itu terjadi, hal ini bisa kita limpahkan kepada aparat penegak hukum,” katanya.

Ia juga menegaskan, jika rekanan tidak mengembalikan anggaran lebih bayar dari Pemprov ini maka akan di-blacklist dan tidak diperbolehkan lagi mengikuti tender pada pelelangan selanjutnya.

Kelebihan menurut Sugestiono adalah berdasarkan hasil pantauan dan pengecekan langsung dari Inspektorat di lapangan yang disesuaikan dengan berita acara pembayaran yang tidak sesuai dengan volume pekerjaan. |DINA RIANTI

 

EDITOR: DUMA TATO SANDA

Tinggalkan Balasan