Inspektorat Wondama didorong tingkatkan sistim pengendalian intern

WASIOR, Cahayapapua.com— Pemkab Teluk Wondama menargetkan bisa meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap laporan keuangan daerah pada 2019.  Sejauh ini, peringkat terbaik dari BPK untuk  Wondama adalah Wajar Dengan Pengecualian (WDP) yakni pada 2016, 2017 dan 2018.

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Teluk Wondama Denny Simbar, kunci untuk bisa meraih WTP adalah perbaikan tata kelola keuangan daerah sejak dari perencanaan, penganggaran, penatausahaan hingga pertanggungjawaban.

“Juga wajib ada peningkatan sistem pengendalian interen,” kata Denny di kantor bupati di Isei, baru-baru ini.

Karena itu, dia menekankan pentingnya peran Inspektorat sebagai leading sektor dalam menciptakan sistim pengendalian intern yang memadai sehingga potensi terjadi penyimpangan anggaran bisa diminimalisir.

Termasuk mendorong kesadaran pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) untuk menindaklanjuti semua temuan BPK. Sebab, tindak lanjut terhadap temuan BPK merupakan kewajiban jabatan.

“Juga yang penting ditanamkan juga bahwa yang tidak melaksanakan tindaklanjut BPK itu dikenakan sangsi karena sesuai peraturan perundang-undangan begitu,” ujar Eks Asisten Bidang Kesra Kabupaten Jayapura. (brv)

Leave a Reply

%d bloggers like this: