Kepala BMKG Manokwari Denny Putray. Foto: CAHAYAPAPUA.com | Adith Setyawan

Intensitas Hujan di Papua Barat Mulai Meningkat

MANOKWARI-Papua Barat nampaknya telah masuk dalam musim penghujan sejak beberapa hari lalu. Hujan yang turun setiap hari menandakan bahwa intensitas hujan di Papua Barat mulai meningkat.

“Kalau diprediksi secara umum Papua Barat sudah masuk musim hujan,” kata Kepala BMKG Manokwari Denny Putray kepada CAHAYAPAPUA.com, baru-baru ini.

Peningkatan curah hujan menurut Denny akan terus naik, dan diprediksi puncaknya akan terjadi pada bulan Maret hingga April mendatang. “Namun masing-masing daerah berbeda-beda karakteristiknya,” katanya.

Khususnya Kabupaten Manokwari sebagai Ibu Kota Provinsi Papua Barat, kata Denny, sedang mengalami peningkatan intesitas hujan, dimana volume hujan yang turun mulai terlihat ada peningkatan.

“Seperti kemarin kalo volume hujannya sebanyak 200 mili nanti kedepan dai mulai bertambah hingga 300 dan seterusnya,” jelasnya.

Selain itu Denny juga menambahkan untuk angin yang saat ini terjadi kecepatannya sebesar 5 hingga 15 knot, dengan kecepatan angin tersebut para nelayan yang menggunakan perahu dengan ukuran kecil diperingatkan untuk mengantisipasi gelombang tinggi yang mencapai setengan meter hingga satu setengah meter. |ADITH SETYAWAN

 

EDITOR: BUSTAM

Tinggalkan Balasan