Pabrik semen milik PT SIDC Papua Cement Indonesia atau PT SPCI di Kampung Maruni, Distrik Manokwari Selatan, Papua Barat.

Investasi di Papua Barat Capai Rp. 3,7 Triliun

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com- Gubernur Papua Barat, Abraham O.Atururi mengatakan, investasi di Papua Barat, diarahkan pada keberpihakan, perlindungan, dan pemberdayaan masyarakat. Untuk itu, investasi harus memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat.

Gubernur dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekretaris Daerah, Nataniel Mandacan, pada kegiatan dialog investasi dan bedah kasus permasalahan investasi se-Papua Barat, Rabu (30/9/2015) mengatakan, Capaian realisasi investasi di Papua Barat melalui penanaman modal asing (PMA) maupun penanaman modal dalam negeri (PMDN) per 31 Desember 2014 mencapai Rp.3,7 triliun.

Meski mencapai target nasional, gubernur mengakui, investasi besar ini secara nyata belum mampu menurunkan angka kemiskinan di di wilayah ini.

Papua Barat yang berada di bagian kepala burung pulau Papua ini, memiliki 29 titik pontensi Ssumber daya alam yang menyebar dan dapat eksploitasi.

“Baru digali di wilayah Sorong yaitu, minyak bumi yang sudah cukup lama, dan di Teluk Bintuni. daerah lainnya belum. Jadi, potensi Papua Barat cukup besar,” kata sekda dalam sambutan itu.

Kegiatan yang dilaksanakan Badan Penanaman Modal dan Investasi ini mengusung tema “potensi, permasalahan dan harapan investasi di Papua Barat dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah”.

Hadir dalam kegiatan itu, sejumlah investor serta perwakilan masyarakat adat dan instansi terkait. |RASYID FATAHUDDIN