Ilustrasi, ISPA

ISPA Urutan Pertama di Teluk Wondama

WONDAMA, CAHAYAPAPUA.com – Infeksi Saluran Pernapasan Akut atau ISPA, masih menempati urutan pertama penyakit yang di derita masyarakat di Kabupaten Teluk Wondama.

“Kalau penyakit malaria, posisinya di urutan ketiga,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Teluk Wondama, dr. Dominggus Yoteni, SKM M.Kes saat ditemui Cahaya Papua di Pelabuhan Kuriwamesa – Wasior, baru – baru ini.

Dijelaskan bahwa penyebab meningkatnya penderita ISPA, lebih kepada pola hidup sehat yang belum teratur dilaksanakan masyarakat khususnya yang menetap di pedesaan.

Sekaitan dengan itu, pihaknya melakukan persebaran dan pemerataan tenaga kesehatan hingga ke pelosok daerah ini.“Pemerataan pelayanan tenaga kesehatan saat ini dilakukan di setiap distrik. Adanya pemerataan itu kita harapkan dapat mengatasi masalah tersebut, selain perlu partisipasi masyarakat dalam mengedepankan pola hidup sehat,” ujarnya.

Mengenai pemenuhan tenaga kesehatan, Yoteni menuturkan setiap tahun instansinya memperoleh jatah Pegawai Tidak Tetap (PTT), baik itu tenaga dokter maupun bidan. Sementara fasilitas kesehatan, pihaknya selalu berupaya menyediakan hunian bagi tenaga kesehatan, sehingga betah mengabdi di tengah – tengah masyarakat.

“Saat ini kita tinggal perhatikan tunjangan dan tambahan insentif bagi tenaga kesehatan. Soal itu kami harapkan bisa diwujudkan pemerintah daerah agar tenaga kesehatan kita fokus mengabdi kepada masyarakat,” tandas Yoteni. |ADLU RAHARUSUN