Sekretariat DPR Papua Barat

Jadwal Paripurna Raperdsus Pilkada Bergeser

MANOKWARI, cahayapapua.com – Wakil Ketua DPR Papua Barat, Ranley Mansawan menyatakan, jadwal paripurna Raperdasus tata cara pemilihan kepala daerah bergeser.
Hasil rapat Badan Musyawarah yang merevisi jadwal tahunan DPR Papua Barat telah menetapkan waktu paripurna dilaksanakan tanggal 12 Agustus, dengan agenda pleno hasil konsultasi dan dilanjutkan dengan paripurna penyerahan draf raperdasus kepada gubernur Papua Barat.
Sebelumnya, pimpinan DPRPB, anggota panja Pansus Pilkada telah bertemu Dirjen Otda dan Direktur Otonomi khusus dan Penataan Daerah Kemendagri di Jakarta.
“DPR Papua Barat dan MRP Papua Barat akan membentuk tim (kecil) yang terdiri dari 2 anggota DPR, 3 anggota MRP, dan 1 orang dari unsur akademisi. Jadwal paripurna akan menunggu hasil kerja tim ini,” kata Ranley, Rabu (12/8/2015).
Hingga kini, konsultasi masih terus dikoordinasikan. Saat ini, Kementerian Dalam Negeri telah menerima draf raperdasus dan masih akan dilakukan sinkronisasi.
Menurut Ranley, pertemuan yang dilakukan tersebut, juga disaksikan pimpinan MRP-PB, ketua Pansus MRP-PB untuk Pilkada, 11 kepala suku di provinsi Papua Barat serta keterwakilan pemuda dan mahasiswa.
Dalam pertemuan itu, MRP-PB menyerahkan empat dokumen antara lain, draf raperdasus, naskah akademik, resume raperdasus, dan surat pernyataan MRP-PB dan para kepala suku serta perwakilan pemuda.
“Terkait jadwal paripurna menunggu hasil dari tim kecil yang dibentuk ini. Setelah hasil konsultasi sudah difinalkan oleh Kementerian Dalam Negeri baru ditentukan jadwalnya,” ujar Ranley.
Ranley menambahkan, keterwakilan tim kecil dari unsur MRP-PB telah dibentuk. Sementara keterwakilan dari DPRPB akan diputuskan pada Selasa 18 Agustus mendatang. “Secepatnya tim ini bekerja untuk membawa hasil konsultasi Raperdasus,” pungkasnya.
|RASYID FATAHUDDIN