Biota Laut Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Jaga Kelestarian Biota Laut, DKP Wondama Batasi Jumlah Bagan

WASIOR, CAHAYAPAPUA.com–– Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Teluk Wondama tidak akan  mengeluarkan ijin untuk penempatan bagan ikan baru di wilayah perairan Teluk Wondama hingga akhir tahun 2016.

Alasannya jumlah bagan yang ada sekarang sudah terlalu banyak sehingga dikuatirkan akan mengancam kelestarian ekosistem laut.

Apalagi sebagian besar wilayah laut Wondama merupakan kawasan lindung Taman Nasional Teluk Cenderawasih (TNTC).

Dari data DKP,  jumlah bagan yang ada saat ini sebanyak  15 buah yang tersebar di sejumlah titik. Jumlah ini sebenarnya sudah menyusut dibanding tahun lalu yang mencapai 19 buah.

“Saya sudah kumpulkan para pengusaha bagan menyampaikan bahwa tidak ada lagi tambah bagan karena bisa berbahaya bagi kelestarian biota laut, “ ungkap Kepala DKP Rusman Tingginehe di sela-sela kegiatan Musrenbang RPJMD di gedung Sasana Karya, kantor bupati di Isey, Rabu (3/8).

Menurut Rusman, bagan-bagan yang masih beroperasi  memang tidak dibolehkan berada di zona-zona yang dilarang terutama zona inti. Mereka hanya boleh berada di zona pemanfaatan.

“Ukuran jaring yang mereka pakai juga kami sarankan jangan yang terlalu kecil sehingga ikan-ikan kecil semua bisa terjaring. Tapi yang agak besar sehingga hanya ikan yang sudah besar yang diambil. Ini supaya ada nilai konservasinya juga, “ kata dia.

Kendati begitu, dia mengakui pengawasan terhadap usaha menangkap ikan lewat bagan ini memang sangat terbatas. Alhasil, pihaknya belum bisa.

memastikan apakah para pengusaha bagan memang benar-benar menangkap ikan dengan cara yang ramah lingkungan atau malah menggunakan alat dan cara yang tidak sejalan dengan pola konservasi.

“Kita juga kesulitan memantau karena keterbatasan dana juga sarana dan prasarana, “ imbuh mantan Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga itu. (BRV)

Tinggalkan Balasan