Tambatan Perahu di Ibukota Distrik Teluk Duairi di Aisandami yang sudah rusak parah. Tahun ini tambatan perahu ini dibangun dari dana APBD 2016.

Jalan Aisandami-Yopanggar di Wondama Dibuka Tahun Ini

WASIOR, CAHAYAPAPUA.c0m—–  Anggaran pembangunan yang masuk ke Distrik Teluk Duairi yang bersumber dari  APBD tahun 2016 mencapai Rp.17 miliar lebih.  Jumlah itu menjadikan wilayah dengan ibukota di Aisandami itu sebagai penerima dana pembangunan terbesar untuk kawasan utara Teluk Wondama.

Anggaran tersebut antara lain dialokasikan untuk pembukaan ruas jalan Aisandami-Yopanggar yang merupakan program dari Dinas Pekerjaan Umum.

Jika ruas Aisandami-Yopanggar terbuka maka wilayah sepanjang semenanjung Wondiboi, mulai dari yang paling utara di kampung Yopanggar hingga ke kampung Tandia di distrik Rasiei di bagian selatan, seluruhnya sudah bisa terhubung dengan jalan darat.

“Untuk pembangunan jalan ruas Aisandami-Yopanggar ini dananya cukup besar yaitu sebesar Rp.7 miliar, “ kata Kepala Bappeda P. Phiter Lambe pada acara kunjungan kerja perdana Bupati Bernadus Imburi dan Wakil Bupati Paulus Indubri ke Teluk Duairi di Aisandami, baru-baru ini.

Kegiatan pembangunan lainnya adalah pembangunan tambatan perahu di Aisandami serta di Sobey, pembangunan talud pengaman badan jalan di Rowor serta pembangunan laboratorium dan pengadaan meubeler di SMPN Aisandami.

Adapula pengadaan peralatan dan mesin untuk sekolah, rehabilitasi berat rumah paramedis juga pembangunan toilet dengan lokasi di Aisandami. Selain itu dilakukan pula pembangunan kantor kampung Sobey Indah dan pengadaan bibit kelapa hibrida serta pembangunan gedung gereja di Aisandami dan di Warayaru.

“Ini yang sudah pasti sedangkan ada program SKPD di lokasi di distrik antara lain rumah rakyat dari Dinas PU yang juga akan dilakukan di sini, “   papar Lambe dihadapan kepala distrik dan masyarakat setempat. (BRV)

 

Tinggalkan Balasan