Ilustrasi-pembangunan-jalan.

Jalan Penghubung Manokwari-Wasior Selesai 2018

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com–Pembangunan jalan trans Papua Barat antara Manokwari – Wasior Kabupaten Teluk Wondama dipredikisi baru dapat selesai ditahun 2018 mendatang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Papua Barat, Agustinus Haryadi mengatakan, saat ini pengerjaan proyek ini masih berlangsung.

“Harapan Gubernur jalan Trans Papua Barat Manokwari-Mame-Wasior harus tembus, sebelum beliau turun dari jabatannya.  Namun setelah saya konfirmasikan kepada Kepala Balai Jalan dan Jembatan Wilayah X, proyek itu baru bisa kelar di tahun 2018, Saat ini pelaksana proyek ini masih mengerjakan pembongkaran hutan” kata Haryadi di Afai, pekan lalu.

Terkait program ini kata Haryadi, pihaknya akan berupaya menghubungkan antara jalan trans provinsi dengan jalan nasional. Ia yakin, dengan terhubungnya jalan provinsi dengan jalan nasional akan memperlancar mobilisasi masyarakat.

“Kalau sudah terkoneksi antara jalan provinsi dengan jalan nasional, masyarakat bisa membawa produk-produk seperti pertanian dan sebagainya ke daerah-daerah lain,” katanya.

Dari hasil pemantauan yang dilakukan ia melihat, jalan trans Sorong-Manokwari semakin menunjukan kemajuan dalam proses pengerjaannya. Kata Agustinus, ruas jalan yang menembus kabupaten Tambrauw sudah dikerjakan. Selanjutnya PU akan melanjutkan pembangunan jalan tembus dari Tambrauw ke jalan nasional.

“Kalau dari Tambrauw ke Pef itu tugasnya kabupaten, setelah itu dari Tambrauw ke jalan nasional itu tugasnya kita,” katanya.| DINA RIANTI