Kantor DPR Papua Barat. SuluhPapua

Jangan Hianati Mandat Masyarakat Adat

George Dedaida

George Dedaida

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com— 11 Anggota DPRPB jalur Otsus yang dilantik, Rabu (21/1/2015), dituntut   memaksimalkan perannya sebagai representasi masyarakat adat Papua.

Direktur Papuana Conservation, George Dedaida mengatakan, tuntutan tersebut wajar sebab pembangunan belum dinikmati merata oleh masyarakat adat di provinsi ini.

“Sebagai representasi masyarakat adat Papua, anggota DPRPB jalur Otsus memikul mandat untuk  memperjuangkan aspirasi masyarakat adat. Maka menjadi keharusan bagi mereka untuk memaksimalkan Otsus sebagai barometer pembangunan di Tanah Papua,” kata George.

Selain itu, 11 orang Anggota DPR PB juga diminta mendorong evaluasi total penyelenggaraan Otsus agar muncul indikator yang objektif soal keberhasilan atau kegagalannya. “Hasil evaluasi itu penting dipublikasikan kepada publik,” katanya.

Agenda lain yang relevan dengan kebutuhan masyarakat adat adalah pentingnya dorongan dari DPR PB, agar masyarakat mendapat ruang yang lebih luas dalam upaya pemetaan partisipatif wilayah adat dan ruang hidup masyarakat adat.

“ Kami juga minta mereka segera mendorong terbentuknya Peraturan daerah khusus atau perdasus tentang pengakuan dan perlindungan terhadap masyarakat adat di Provinsi Papua Barat. Selanjutnya diikuti dengan pembentukan peraturan daerah provinsi (perdasi) untuk mengatur tentang hal itu,” tandasnya. RIZALDI

Tinggalkan Balasan