Aktivitas jual beli di salah satu pasar tradisional di Manokwari belum lama ini. Foto: CAHAYAPAPUA.com/Dok

Janji Revisi Tarif, Bupati Manokwari Minta Pedagang Kembali Berjualan

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Pemkab Manokwari memastikan merevisi Peraturan Bupati Nomor 6 Tahun 2013 yang mengatur tentang tarif sewa los dan kios di pasar yang dinilai memberatkan oleh para pedagang.

Besarnya tarif sewa baru telah dibahas dan diputuskan dalam rapat yang diikuti semua instansi teknis terkait beberapa saat setelah para pedagang menggelar aksi untuk kedua kalinya di kantor bupati pada Senin lalu.

Dalam waktu dekat salinan revisi Perbup akan disebarkan kepada para pedagang dan masyarakat umum untuk diketahui secara luas. (Baca: Tolak Perbup, Pedagang di Manokwari Sepakat Mogok Jualan)

Demikian disampaikan Bupati Manokwari Bastian Salabai kepada wartawan di sela-sela acara penutupan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di kampung Womnowi distrik Sidey, Rabu, (29/10/2014) siang.

Oleh karena itu, Bupati mengimbau aksi mogok yang dilakukan para pedagang di pasar Wosi dan pasar Sanggeng dalam beberapa hari terakhir agar dihentikan. Para pedagang diharapkan kembali beraktivitas seperti biasa.

“Pasar adalah pusat perekonomian masyarakat karena itu tidak boleh tutup. Karena kalau tutup akan mempersulit akses perekonomian dan berakibat masyarakat kesulitan,” kata Salabai.

Bupati menyerukan kepada para pedagang maupun pengurus asosiasi pedagang agar tidak hanya memikirkan kepentingan usahanya semata tetapi juga kepentingan masyarakat luas. (Baca: Pedagang Mogok Jualan di Manokwari)

“Kalau masalah sudah dilaporkan ke Bupati dan sudah ditanggapi seharusnya sudah bisa buka pasar,” lanjut orang nomor satu Manokwari.

Sementara itu sesuai informasi yang dihimpun CAHAYAPAPUA.COM, para pedagang berencana melakukan aksi mogok hingga Jumat mendatang. Sesuai pantauan Rabu petang (29/10/2014), meski sudah terlihat ada aktivitas jual beli, namun sebagian besar kios dan toko di pasar Wosi dan Sanggeng masih tutup. |ZACK TONU BALA

Tinggalkan Balasan