ilustrasi_Dugaan Korupsi

JAV Mau Ubah Nama Jadi West Papua Corruption Watch

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com— West Papua Corruption Watch (WPCW) akan dibentuk di Papua Barat, untuk mendorong pemberantasan korupsi di wilayah ini.

Koordinator Jaringan Advokasi LSM Papua Barat (JAV LSM PB), Andris Wabdaron, mengatakan, pembentukan WPCW akan dilakukan dengan merubah nama lembaga JAV LSM PB.

“Kami perlu merubah nama lembaga ini, agar upaya advokasi terhadap korupsi lebih maksimal,”kata Andris, Sabtu (24/10/2015).

Andris menyadari, banyak hal yang harus dipersiapkan, antara lain struktur kelembagaan dan sumberdaya manusia yang akan terlibat dalam upaya lembaga tersebut dalam mendorong pemberantasan korupsi.

Saat ini, koordinasi internal sedang berlangsung, dan dia berharap. Pembentukan WPCW dari perubahan nama JAV LSM PB ini segera terwujud.

Terkait sumberdaya manusia, menurutnya, WPCW butuh sumberdaya yang benar-benar kompeten, sebab, memberantas korupsi tidak mudah.”Bukan hanya soal pemahaman terhadap kasus ini, namun juga soal mental dan integritasnya sebagai pekerja sosial,”kata dia lagi.

Andris ingin, WPCW kerja asal-asalan, namun, lembaga ini harus bisa bekerja secara profesional. Untuk itu, WPCW butuh personil yang benar-benar mampu, baik dari sisi pemahaman hukum maupun mental.

Saat ini, lanjut dia, JAV LSM PB sudah memiliki lima orang personil yang selama ini terlibat dalam kerja lembaga ini mendorong dan mengawal proses hukum kasus korupsi.

“Sejak dua tahun belakangan ini, selain fokus mengadvokasi tindak pidana korupsi, kami pun melakukan pembinaan internal terhadap personil, diharapkan ketika WCPW terbentuk, mereka pun sudah siap,”kata Andris menambahkan.

Andris menambahkan, Papua Barat, masih menduduki peringkat kedua provinsi terkorup di Indonesia. Praktek korupsi di Papua Barat sudah sangat parah. Peringkat dua ini diperoleh dari jumlah kasus yang sudah mendapat vonis pengadilan.

“Belum termasuk antrian kasus dan indikasi kasus korupsi yang belum ditangani. Jika dihitung secara keseluruhan, Papua Barat dapat memperoleh peringkat satu provinsi terkorup di Indonesia,”kata dia.

Menurut Andris, kondisi ini yang mendorong JAV untuk merubah mana menjadi WPCP. |RASYID FATAHUDDIN