Pemerintah Provinsi Papua Barat. Foto: Ist

Jelang Akhir Tahun, Serapan Anggaran Pemprov Papua Barat Baru 70 Persen

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com–Serapan anggaran Pemerintah Provinsi Papua Barat jelang akhir tahun 2014 disebut Sekda Papua Barat, Nataniel Mandacan, baru mencapai 70 persen.

Kendati demikian, sudah banyak pihak ketiga yang melakukan penagihan kegiatan diakhir tahun ini. Namun kata Nataniel pemerintah sepertinya masih ragu apakah akhir tahun ini program kegiatan bisa diselesaikan tepat waktu.

Hal inilah yang kata Nataniel akhirnya banyak sejumlah SKPD yang memilih mengajukan kembali program kegiatan pada tahun 2015, karena dikhawatirkan tidak bisa menyelesaikan kegiatan di tahun 2014 ini.

“Memang ada beberapa SKPD yang mengajukan kegiatan dianggarkan kembali tahun 2015, karena ini sudah masuk batas waktu terakhir, sehingga mereka takut beresiko tidak selesai,” katanya.

Jika dilihat berdasarkan aturan pemerintah per 1 Desember penyerapan anggaran sudah harus selesai dilaksanakan, sehingga mau tidak mau akhir Desember kegiatan sudah harus selesai.

Untuk kegiatan pembangunan fisik yang tidak selesai, para rekanan harus mengembalikan uang kepada pemerintah daerah. Dan pemprov saat ini sudah mengambil tindakan kepada pihak rekanan yang tidak menyelesaikan kegiatan agar mengembalikan anggaran sisa atau lebih bayar. Bahkan ada yang nilainya mencapai miliaran rupiah yang harus dikembalikan.

“Saya berharap akhir tahun ini untuk pekerjaan yang sudah diselesaikan 100% segera ajukan penagihan pembayaran, sehingga rekanan yang bekerja juga bisa lega. Rekanan yang tidak selesaikan proyek agar menyadari tagih sesuai dengan volume pekerjaan dan harus tanggungjawab selesaikan,” katanya.

Sekda juga mengimbau kepada keuangan untuk melakukan koordinasi secara baik terkait berkas sebagai syarat pembayaran.| DINA RIANTI

 

EDITOR: BUSTAM

Tinggalkan Balasan