Ilustrasi. dok Cahaya Papua

Jelang Natal, Harga Bapok di Wasior Stabil

WONDAMA, CAHAYAPAPUA.com– Tiga hari menjelang perayaan Natal, harga barang kebutuhan pokok masih stabil. Tidak terjadi kenaikan tajam seperti pada Natal tahun lalu atau pada Idul Fitri yang lalu.

Content Sponsored: Kapolda Papua Barat Rayakan Natal dengan Warga Sanggeng

Berdasarkan data yang diambil Cahaya Papua dari para pedagang di pasar Soyar Wasior, Kamis sore, hanya ada dua komoditas yang sedikit mengalami kenaikan yakni  telur serta bawang merah dan bawang putih.

Telur  dari awalnya Rp55 ribu/rak kini menjadi Rp60 ribu rak atau naik sebesar 5 ribu. Namun untuk eceran masih tetap dijual 5 butir seharga 10 ribu. Bawang putih juga naik dari Rp55 ribu menjadi Rp60 ribu/Kg. Sementara bawang merah sedikit lebih mahal yakni Rp65 ribu dari sebelumnya Rp55 ribu/Kg.

“Barang-barang tidak banyak yang naik karena sekarang yang masuk banyak. Bawang saja yang agak mahal sedikit tapi kemarin sudah ada kapal putih masuk jadi sudah turun lagi (jadi 65 ribu sebelumnya sempat 70/Kg),” jelas Mama Asti, salah seorang pedagang pasar Soyar.

Sementara bahan pokok lain seperti gula masih stabil pada kisaran Rp18 ribu sampai Rp20 ribu/Kg untuk gula curah dan gula kemasan Rp20 sampai Rp23 ribu/Kg. Minyak goreng kemasan Rp22/liter. Daging ayam es juga masih stabil pada harga Rp.45 ribu/Kg.

Yang selalu mengalami flutuasi harga adalah ikan segar karena bergantung pada cuaca serta hasil tangkapan nelayan. Harga barang yang stabil membuat warga terutama ibu rumah tangga gembira. Mereka berharap kondisi seperti yang ada sekarang tetap bertahan sampai awal tahun nanti. “Kalau begini terus boleh, kita ibu-ibu tidak menjerit seperti tahun-tahun lalu yang barang semua naik,” ujar mama Rita, seorang ibu rumah tangga yang ditemui sore kemarin di pasar Soyar.

Untuk diketahui, sebelumnya Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM Antonius Toni Marani menjamin harga barang tidak mengalami kenaikan signifikan karena stok bapok di Wondama  cukup aman sampai awal Januari.  Persediaan Bapok aman karena kapal tol laut secara rutin masuk ke Wasior setiap dua minggu. (BRV)

Leave a Reply

%d bloggers like this: