Kepala Dinas Pekerjaan Umumj Papua Barat, Agustinus Haryadi.

Jelang Peresmian 15 Oktober, Kantor Gubernur Arfai Mulai Dibersihkan

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com- Menjelang peresmian kantor Gubernur Papua Barat, 15 Oktober mendatang, Pemerintah Provinsi Papua Barat mulai melakukan aktivitas bersih-bersih dan mempersiapkan rencana pindah kantor ke kantor yang terletak di Bukit Arfai II Manokwari.

Kemarin, Senin (5/10), staf ahli Gubernur Jakonias Sawaki yang memimpin apel gabungan di kantor Gubernur Arfai memeberikan himbauan kepada seluruh kepala SKPD dan staf dan pegawai untuk segera mempersiapkan rencana peresmian kantor.

Ia juga memmerintakan kepada kantor kantor SKPD yang ada di sekeliling kantor gubernur untuk mulai membersihkan kantor masing-masing. Rencana peresmian juga dimatangkan dengan sejumlah rapat bersama yang dilaksanakan Senin siang.

Namun disamping persiapan secara fisik, Sawaki menegaskan kepada seluruh SKPD untuk mmepersiapkan mental menempati kantor baru. “Yang paling penting mari kita bersama-sama mempersiapkan diri melakukan pelayanan kepada masyarakat melalui tugas dan tanggungjawab kita,” katanya.

Menjelang akhir tahun dan memasuki bulan Oktober kepala pimpinan SKPD diminta untuk bekerja keras menyelesaikan penyerapan anggaran APBD 2015, karena menjelang akhir tahun daya serap anggaran diketahui masih rendah.

“Jangan malu untuk kordinasi, supaya inspektorat atau keuangan selalu memberikan pendampingan pada akhir tahun anggaran nanti,” imbaunya.

Sementara itu aktivitas bersih-bersih kantor mulai dilakukan oleh petugas kebersihan dengan membersihkan sejumlah sudut ruangan dengan menyapu lantai dan membersihkan kaca.

Dinas Pekerjaan Umum yang diberi wewenang untuk menjalankan proyek ini mengaku pembangunan gedung berlantai 7 ini sudah selesai dilakukan, namun sesuai kontrak pembangunannya akan selesai pada Desember tahun ini sehingga jika ada bagian yang belum selesai dianggap tidak menjadi masalah.

Kadis PU Papua Barat Agustinus Haryadi menegaskan, jika proses pembangunan gedung yang memiliki fasilitas lift dan helipad ini juga tidak dipaksakan untuk segera selesai sebelum peresmian digelar.

“Tidak ada kalau kita paksakan pembangunan untuk segera selesai, itu tidak benar, karena memang kontraknya baru akan akan selesai pada Desember nanti,” kata Haryadi usai apel pagi kemarin.

Dikatakan proses pembangunan yang saat ini masih berjalan adalah menyelesaikan kekurangan pembangunan landscape gedung, namun dinas juga sedang memprioritaskan proses pengaspalan jalan lingkungan yang diharapkan saat peresmian sudah bisa digunakan. Ia berkomitmen jika sebelum diresmikan pembangunan landscape sudah selesai.

“Masih akan ada proses pembangunan fasilitas pendukung, tapi itu nanti di tahun 2016. Kita masih belum rincikan dan rencanakan detailnya” tambah mantan kabid bina marga ini. |DINA RIANTI