Ketua Bawaslu Papua Barat Alfredo Ngamelubun

JELANG PILKADA: Bawaslu Latih Anggota Panwaslu 9 Kabupaten

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Bawaslu Papua Barat berencana menggelar bimbingan teknis bagi sekitar 36 anggota Panwaslu di sembilan kabupaten di Papua Barat yang akan menggelar Pilkada 2015 hari ini.

Kegiatan yang bertujuan untuk menggenjot SDM pengawas Pemilu ini akan digelar di Waisai, Kabupaten Raja Ampat akan berlangsung selama dua hari hingga 13 Mei.

“Materi Bimtek (bimbingan teknis), anggota Panwaslu diberikan pemahanan terhadap proses pemutakhiran data pemilih, pencalonan, dan proses mediasi. Tapi, dititikberatkan pada persoalan daftar pemilih. Ini agar Panwaslu dan KPU bisa menjalin kerjasama untuk suksesnya pilkada,” kata Ketua Bawaslu Provinsi Papua Barat, Alfredo Ngamelubun ketika dikonfirmasi wartawan, Senin (11/5/2015).

Alfredo Ngamelubun menambahkan pemahaman anggota Panwaslu terhadap proses setiap tahapan Pilkada adalah sangat penting. “KPU dan Panwaslu ini punya hubungan kerja yang baik. Tidak jalan dengan ego masing-masing karena Pilkada bukan saja menjadi tanggungjawab KPU mapun Panwaslu, tapi tanggunghawab bersama,” pungkasnya. |RASYID FATAHUDIN