Kantor Gubernur Papua Barat

Jelang Pilkada, Pemerintah Papua Barat Bentuk Desk Pilkada

MANOKWARi, CAHAYAPAPUA.com- – Menjelang pemilihan bupati dan wakil bupati di 9 kabupaten se Provinsi Papua Barat 9 Desember mendatang, pemerintah provinsi Papua Barat dalam waktu dekat akan membuka sekretariat desk Pilkada yang melibatkan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Provinsi Papua Barat.

Asisten I Setda Provinsi Papua Barat Musa Kamudi mengatakan desk Pilakda bertujuan memastikan penyelenggaraan Pilkada di 9 kabupaten di provinsi Papua Barat berjalan aman dan lancar.

Ia mengatakan, walaupun pembentukan sekretariat desk Pilkada ini lambat, tetapi dia berharap, tim yang akan dibentuk itu dapat bekerja maksimal untuk berpartisipasi dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang menghambat proses dan tahapan Pilkada.

Tugas tim Desk Pilkada diantaranya adalah memantau dan melaporkan hal-hal yang berkaitan dengan suksesnya penyelenggaraan Pilkada, memantau dan melaporkan netralitas aparatur sipil negara dalam Pilkada serta memantau dan melaporkan pelanggaran aparatur sipil negara dalam Pilkada.

“Desk Pilkada ini harus ada, sehingga jika ada ada persoalan-persoalan terkait penyelenggaraan Pilkada di kabupaten, desk Pilkada dapat mengambil langkah-langkah penyelesaian,” terang Musa kemarin.

Ia berharap masyarakat dapat menggunakan hak demokrasi dan politiknya dengan baik pada tanggal 9 Desember hingga pelantikan bupati terpilih dapat berjalan aman dan damai.

“Karena keberhasilan agenda Pilkada ditentukan oleh tingginya partisipasi masyarakat menggunakan hak demokrasi dan hak politiknya secara benar,” tandas Musa | RIZALDY