Ilustrasi

Jelang Ramadan, Pemda Manokwari Segera Pastikan Stok Bapok

MANOKWARI, Cahayapapua.com—– Menjelang Ramadan 1437 Hijriah tim bahan pokok Kabupaten Manokwari, Papua Barat, segera turun lapangan untuk memastikan stok bahan makanan dan barang strategis lainnya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Koperasi Manokwari Frederik Saiduy di Manokwari, Rabu, mengatakan, tim bapok yang dipimpin oleh Wakil Bupati Manokwari Edi Budoyo ini, akan segera menggelar rapat koordinasi bersama seluruh instansi terkait dalam waktu dekat ini.

“Selain memastikan stok sembilan bahan pokok, kita juga harus memastikan bahwa tidak ada barang kadaluarsa dan kemasan rusak yang beredar di pasaran,” kata dia.

Mengingat, saat ini harga sejumlah bahan makanan sudah mulai merangkak naik. Kondisi ini lazim terjadi pada setiap ramadan. “Yang kita perlu antisipasi adalah jangan sampai terjadi kelangkaan barang, sebab jika hal itu terjadi harga akan semakin tinggi,” sambungnya.

Sementara iru, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan dan Koperasi Manokwari Supomo juga menambahkan, saat ini sudah ada beberapa distributor meminta rekomendasi untuk mendatangkan bahan makanan. Untuk itu rekomendasi pun sudah dikeluarkan.

Sementara itu terkait dengan kenaikan harga sejumlah bahan makanan di Manokwari menjelang Ramadan ia mengatakan itu terjadi akibat adanya kenaikan harga di daerah asal barang.

“Seperti bawang merah, bawang putih, gula pasir, ayam potong dan telur, kini sudah mulai naik harga. Ini sudah hukum ekonomi, dan yang perlu dijaga jangan sampai ada kelangkaan,” kata dia.

Berkaca dari Ramadan tahun lalu, yang tidak ada kelangkaan bahan pokok maupun bahan strategis lainya ia berharap hal yang sama dapat terjadi pada Ramadan dan lebaran tahun ini.

Dia menyebutkan, setelah rapat tim Bapok akan melakukan inspeksi mendadak (Sidak). Kegiatan itu bertujuan untuk memastikan bahwa tidak ada barang kadaluarsa dan kemasan rusak beredar. Selain pasar, Sidak akan digelar di pusat perbelanjaan lain. (ACS)

 

Tinggalkan Balasan