Jokowi saat berkampanye di Papua. Foto : Ist

Jokowi ke Papua, Ini Harapan Warga

JAYAPURA– Presiden Joko Widodo akan mengunjungi sejumlah daerah di Papua pada hari ini, Sabtu, 27 Desember 2014. Bersamaan dengan kunjungan tersebut, warga Papua memiliki sejumlah aspirasi yang akan disampaikan langsung kepada Jokowi.

Ketua Barisan Relawan Jokowi for Presiden di Papua, Yakoba Lokbere, mengatakan poin pertama yang akan disampaikan kepada Jokowi adalah pembangunan nyata dengan cara menyingkirkan Papua dari keterisolasian.

“Manfaat yang harus segera dirasakan adalah menekan tingginya biaya dan harga bahan pokok di wilayah pegunungan Papua supaya dapat setara dengan wilayah lain di Indonesia,” katanya .

Sekretaris Daerah Provinsi Papua Heri Dosinaen mengatakan kehadiran Jokowi dalam acara Natal Nasional 2014 di Jayapura diharapkan menjadi gerakan baru untuk melihat Papua secara menyeluruh.

Heri meminta Jokowi dan pemerintah pusat untuk melihat kondisi riil di Papua yang selama ini seolah tertutup. “Kami ada perhatian lebih dalam pembangunan di Papua karena kondisinya berbeda dengan daerah lain,” ujarnya.

Salah satu yang disoroti Heri adalah proyek jalan tol laut. Dia berharap Jokowi merealisasikan jalur pelayaran tersebut hingga menyentuh beberapa wilayah di Papua. Tak hanya Pelabuhan Sorong, jalur tol laut juga diharapkan bisa menjangkau Pelabuhan Depapre di Jayapura. |TEMPO.co-CUNDING LEVI