Irene Menibuy (kiri) menerima ucapan selamat dari Presiden Joko Widodo di Istana Negara setelah dilantik sebagai Wakl Gubernur Papua Barat di Istana Negara, Jakarta Rabu 27 Mei 2015. (Foto: Dokumentasi CAHAYA PAPUA)

JOKOWI LANTIK IRENE SEBAGAI WAGUB PAPUA BARAT

JAKARTA– Politisi Partai Golkar, Irene Manibuy, Rabu (27/5/2015) pukul 14.00 Wib, resmi dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Wakil Gubernur Papua Barat mengantikan Alm. Rahimin Katjong. Irene akan mendampingi Gubernur Papua Barat Abraham Atururi memimpin pemerintahan Papua Barat hingga tahun 2017.

Pelantikan Irene dilakukan bersamaan dengan pelantikan Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla), Laksamana Madya Desy Albert Mamahit. rene yang pertama dilantik oleh Presiden. Ia didampingi Pastor saat mengucapkan sumpah jabatan yang dibacakan oleh Presiden.

“Saya berjanji penuhi kewajiban saya sebagai Wakil Gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh UUD NKRI 1945 dan menjalankan segala peraturan Perundang-Undangan dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa. Kiranya Tuhan menolong saya,” kata Jokowi diikuti Irene.

Pelantikan tersebut diikuti oleh sekitar 80 orang tamu undangan dari Papua Barat, termasuk tamu undangan Laksamana Madya Desy Albert Mamahit. Irene merupakan perempuan pertama di Papua Barat yang menjabat sebagai Wakil Gubernur.

Adapun sebelum prosesi pelantikan itu digelar petugas istana menerapkan sistem keamanan tinggi. Para tamu yang hendak masuk ke dalam istana diperiksa dua kali oleh petugas. Mereka yang masuk istana harus mengantongi undangan resmi dari istana Negara.

Usai dilantik, perempuan kelahiran Teluk Bintuni, 19 Februari 1962 ini, melanjutkan prosesi syukuran atas pelantikan dirinya sebagai wakil gubernur Papua Barat. Acara syukuran dilaksanakan di Gedung Krida Bakti Kementerian Dalam Negeri.

Saat memasuki pelataran gedung Krida Bakti, Irene disambut antusias masyarakat Papua Barat. Terlihat sebagian besar pejabat dilingkungan pemerintah Provinsi Papua Barat dan anggota DPRPB, MRPB dan sejumlah bupati dan walikota turut hadir dalam kegiatan itu.

Dalam kesempatan itu Irene menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan rakyat Papua Barat kepada dirinya untuk memikul tanggungjawab sebagai wakil gubernur.

“Puji Syukur saya haturkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas perkenaannya sehingga saya dipilih oleh Gubernur Papua Barat, Abraham O. Atururi untuk mengikuti pemilihan wakil gubernur melalui mekanisme pemilihan lewat DPR PB” ungkap putri dari Nicolaus Manibuy ini.

Ia menyatakan dukungan masyarakat melalui 99 persen anggota DPR PB saat pemilihan di kantor DPR PB belum lama ini merupakan representasi dukungan rakyat Papua Barat kepada dirinya.

Ibu 2 anak ini berjanji akan melanjutkan kepemimpinan mendiang Almarhum Mantan Wakil Gubernur Rahimin Katjong. “Setelah ditetapkan sebagai wakil gubernur Papua Barat, saya akan menjalin silaturahmi dengan ibu mendiang almarhum Rahimin Katjong.Ibu pesan kepada saya untuk melanjutkan apa yang telah dan akan dilaksanakan oleh bapak,” ungkap mantan Anggota DPR RI periode 2009-2014 ini. (*)

 

Tinggalkan Balasan