Jonathan Rumainum Resmi Daftar ke PDIP

MANOKWARI, Cahayapapua.com–– Jonathan Rumainum, resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon gubernur Papua Barat ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Jonathan mendaftarkan diri bersama ketua tim pemenangan dirinya, Sirajudin, di sekretariat PDIP Papua Barat Jalan Trikora Wosi, Jumat (26/2/2016).

Selain didampingi Sirajudin, Vice President PT Freeport Indonesia yang dikenal dengan sebutan Kaka Nathan ini juga diantarkan sejumlah pendukungnya. Meski begitu tak terlihat pendamping dirinya dalam pendaftaran itu.

Terkait belum adanya pendamping Kaka Nathan, Sirajudin mengatakan, pihaknya akan mengumumkannya sebelum 29 Februari. “Sejauh ini sudah ada beberapa nama yang akan diputuskan. Kriterianya, adalah Papua, berlatar belakang birokrat dan muslim, juga berdomisili di Papua Barat,” kata Sirajudin.

Kaka Nathan menambahkan ia bersama tim kerjanya telah melakukan komunikasi politik dengan sejumlah Parpol Politik yang akan dipakai sebagai kendaraan politik dalam Pilgub Papua Barat.

Ketua panitia pendaftaran dan penjaringan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Papua Barat Laurentius Ren Ell mengatakan, sudah ada 14 formulir yang keluar. Nama-nama yang mengambil formulir, seperti informasi yang didapatkan di lapangan, termasuk diantaranya kader PDIP Yohana Watofa dan Saleh Siknun.

Meski begitu sejauh ini, Ren Ell mengatakan, baru 5 formulir yang dikembalikan. Tiga formulir memiliki bakal calon gubernur dan wakil gubernur, yakni Irene Manibuy – Abdullah Manaray dan Dominggus Mandacan – Wahidin Puarada juga Albert Torey – Muhammad Muss’ad, sementara 2 formulir tidak mencantumkan nama bakal calon wakil gubernur, atas nama Markus Wanma dan Jonathan Rumainum.

Selain itu, Ren Ell mengatakan, PDIP tetap memberikan waktu kepada pasangan yang belum melengkapi nama bakal calon wakil gubernur untuk memasukkan berkas tambahan, hingga penutupan pendaftaran pada 27 Februari pukul 22.00 WIT.

Ren Ell juga mengungkap masih ada sejumlah nama yang telah mengkonfirmasi akan mendaftar ke PDIP. Mereka adalah Hermus Indou, Stevanus Malak, Alfons Manibuy dan MR Kambu. Kalau tidak kemarin, ia mengatakan, kemungkinan mereka akan mendaftar pada masa-masa akhir.

Ketua DPD PDIP Papua Barat , Yohana Watofa, menambahkan, setelah PDIP menutup pendaftaran, seluruh berkas bakal calon akan diserahkan ke DPP PDIP. Penyerahan dilakukan pada 29 Februari.

Nama-nama yang telah terkumpul kemudian akan mengikuti survei, psikotes dan wawancara hingga sekolah partai sebelum diputuskan siapa yang layak diusung PDIP. “Tahapan ini harus jadi perhatian kandidat,” tekan Watofa berpesan. |RASYID FATAHUDDI

Tinggalkan Balasan