Anak SD di Taman Ria Ikut Serta Membersihkan Jalan Protokol Bersama PNS Pemkab Manokwari Dalam Rangka Hari Jadi Kota Manokwari ke-117, Jumat Kemarin

Jumat Bersih Hari Jadi Manokwari, Banyak PNS Bolos

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-Kerja bahkti membersihkan jalan protokol dan sejumlah titik lain di dalam kota Manokwari dalam rangka hari jadi kota Manokwari ke-117, Jumat pagi kemarin hanya berjalan apa adanya.

Padahal, aktivitas pemerintahan pada Jumat kemarin sengaja diliburkan. Bupati telah mengeluarkan instruksi agar semua PNS ikut kerja bhakti sesuai lokasi yang telah ditentukan. Namun, hal itu ternyata diabaikan oleh sebagian besar PNS.

Meskipun lebih banyak PNS yang bolos, Sekretaris Daerah Kabupaten Manokwari Frederik Musa Lalenoh menganggap hal itu masih wajar. Dia pun memaklumi ketidakhadiran para jajarannya itu.

“Memang belum sepenuhnya diikuti oleh semua PNS. Mungkin karena mereka sedang mempersiapkan diri untuk ikut gerak jalan nanti, “ ujar Lalenoh saat memantau pelaksanaan Jumat Bersih di Taman Ria Rendani. Panitia memang menggelar lomba gerak jalan pada Jumat sore untuk memeriahkan HUT Manokwari.

Lalenoh justru berharap masyarakat memiliki kesadaran sendiri untuk membersihkan lingkungan sehingga kota Manokwari menjadi bersih dan indah.

“Harusnya warga juga ikut terlibat dan bertanggung jawab menjaga membersihkan lingkungan, “ ucap mantan Sekretaris KPUD Manokwari ini.

Dia juga mengimbau ketua RT, Lurah dan Kepala Distrik berperan aktif menumbuhkan kesadaran warga untuk selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Sesuai pantauan, konsentrasi PNS yang mengikuti kerja bhakti terbanyak ada di sepanjang jalan Taman Ria Rendani, di taman I.S. Kijne serta di jalan Pasir dan Trikora Wosi. | ZACK TONU BALA