Pra PON Basket XIX Wilayah Timur

Jungkal Maluku Utara, Papua Tantang Papua Barat

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Tim Basket Putra Papua kembali meraih kemenangan keduanya dalam lanjutan babak Pra Kualifikasi PON Wilayah V Indonesia Timur di GOR Sanggeng Manokawari, Selasa (17/11). Basket Putra Papua unggul dengan skor 96 : 60 atas lawannya Maluku Utara.

Basket Putra Papua harus bekerja ekstra keras dalam menghadapi lawannya yang tampil dengan permainan cepat, dan sekaligus mengakhiri quarter pertama dengan skor 18 : 15 untuk keunggulan tim Maluku Utara.

Memasuki quarter kedua, tim basket putra Papua yang tak ingin ketinggalan bangkit dengan melakukan beberapa rotasi pemain inti. Strategi yang dilancarkan anak-anak Papua nampaknya membuahkan hasil postif, dimana tim basket Putra Papua berhasil menutup quater kedua dengan skor tipis 33 : 39.

Kejar-kejaran angka terlihat diquarter ketiga dimana kedua tim yang ingin mengemas kemenangan untuk membuka peluang lolos ke PON Jawa Barat, terlihat menunjukan permainan cepat, namun kesigapan pemain-pemain Papua berhasil menutup quater ketiga dengan skor 53 : 63.

Tak ingin malu dihadapan pendukungnya, Basket Putra Papua, diquarter keempat menunjukan permainan cepat. Hal ini terlihat dari kokohnya pertahan Papua yang hanya memberikan 8 angka bagi Maluku Utara diquarter keempat sekaligus mengunci skor 60 : 96.

Dengan hasil tersebut, tim Basket Putra Papua berhasil berkocol diperingat klasemen sementara Pra PON Wilayah V Indonesia Timur dengan meraih dua kemenangan.

Pelatih Kepala Basket Putra  Papua, Idi Amin mengatakan, anak asuhnya baru bisa menemukan irama permainan di quarter ketiga setelah dua quater sebelumnya tim Basket Putra Papua tampil dengan susah payah.

Untuk itu dirinya berharap dipertandingan berikut hal tersebut akan menjadi evaluasi tim, mengingat dalam iven ini Papua menargetkan medali emas.

Basket Putra Papua dipastikan akan menjamu tuan rumah Papua Barat pada hari ini di GOR Sanggeng Manokwari, dimana masing-masing tim telah menargetkan kemenangan dalam laga yang disebut-sebut final Prematur itu.
Dipertandingan lainnya, NTB membuka peluang lolos setelah mengandaskan perlawanan Maluku dengan skor 52-37. |ADITH SETYAWAN