Kepala Bandara Rendani Manokwari Sugeng Hadi Siswanto. Foto: Ist

Kabandara Manokwari Akui Garuda Mendarat Tanpa Lampu Runway

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com–Plh. Kepala Bandara Rendani Manokwari Sugeng Hadi Siswanto mengakui bahwa ada kerusakan pada runway light (lampu landasan pacu) di Bandara Rendani Manokwari.

Senin (1/12/2014), sebuah pesawat Garuda Airlines Indonesia mendarat di bandara ini pukul 18.18 tanpa lampu runway.

“Memang lampu runway kita sedang rusak sehingga untuk beberapa waktu kedepan Bandara Rendani Manokwari tidak bisa melayani penerbangan malam hari, namun karena kemarin Garuda ingin mendarat dengan terpaksa kami layani dan kami bersyukur tidak ada kendala yang terjadi,” kata Sugeng kepada wartawan, Selasa (2/11/2014).

Untuk masalah pesawat Garuda Sugeng menjelaskan cuaca buruk di wilayah Sorong menjadi menyebabkan pesawat Garuda harus terlambat landing (mendarat) di Bandara Rendani.

Saat pesawat Garuda mendarat wilayah Manokwari sudah dalam keadaan gelap sehingga pesawat landing tanpa lampu runway. Karena lampu runway Bandara Rendani mengalami kerusakan. (Baca: Anak Buah Usir Wartawan, Kabandara Rendani Minta Maaf

Terkait permasalahan tersebut pihak bandara sudah menginformasikan kepada pilot Garuda tentang lampu landasan pacu bandara sedang dalam perbaikan. Namun dari pilot Garuda memutuskan untuk tetap landing di Bandara Rendani karena cuaca di Sorong masih buruk.

“Air flighting sudah di notice to airman (catatan untuk pengguna penerbangan) kalau kondisinya lagi diperbaiki. Otomatis kita sudah pemberitahuan ke pengguna dalam hal ini pilotnya apakah mau landing atau ga itu keputusan pilot. Tetapi Garudanya tetap mengambil keputusan untuk landing disini. Kita layani dengan baik Alhmdulilah normal lancar bisa landing,” jelasnya.

Sugeng menambahkan, keberangkatannya harus ditunda karena hari sudah gelap. Sehingga pesawat Garuda parkir di Bandara Rendani hingga pagi hari baru melanjutkan penerbangan ke Sorong.

Dikatakan, perbaikan runway light tersebut dalam waktu dekat akan diselesaikan, meskipun sebenarnya masa perbaikannya tidak butuh waktu lama, namun karena alatnya tidak ada di Manokwari sehingga harus memesan dari luar daerah, dan saat ini pihak bandara sedang menunggu alat yang belum sampai di Manokwari.

“Sebenarnya dalam waktu seminggu sudah bisa selesai, namun alatnya itu ga ada di sini jadi kita harus pesan dulu,” katanya.

Kepala Bandara Rendani Manokwari Bambang Hartato yang dihubungi via ponsel membenarkan bahwa runway light memang dalam keadaan rusak.

Hanya saja kerusakan menurut Bambang disebabkan karena adanya pekerjaan di area bandara berupa penambahan area Apron (lokasi parkir) pesawat serta pekerjaan lainnya.

Dijelaskan, diperkirakan lampu landasan pacu itu akan berfungsi dalam waktu dekat, setelah berakhirnya proses pekerjaan sejumlah proyek yang ada di Bandara Rendani. Dimana lampu runway ini akan salin terkoneksi dengan landasan pacu, Apron pesawat serta lokasi masuknya pesawat ke Apron.

“Dipastikan dalam tahun ini semua pekerjaan di Bandara Rendani akan segera rampung,” ungkap Bambang yang mengaku sedang berada di Bogor untuk sekolah. |DINA RIANTI | TAKDIR

 

EDITOR: BUSTAM

Tinggalkan Balasan