Penjabat Bupati Manokwari Selatan Edi Budoyo bersama sejumlah pejabatnya saat berkunjung ke Kampung Tobou Hamawi belum lama ini. | CAHAYAPAPUA.com | Sutanto

Kabupaten Manokwari Selatan Belum Siapkan Bandara

MANOKWARI SELATAN, CAHAYAPAPUA.com—- Pembangunan infrastruktur perkantoran masih menjadi salah satu prioritas pembangunan Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat, ditahun anggaran 2015.

Pejabat Bupati Mansel, Edi Budoyo, Sabtu (24/1/2015) mengatakan, pembangunan kantor SKPD dan kantor bupati Mansel ditargetkan selesai tahun ini.

Selain itu, melalui APBD perdananya, Pemda Mansel tahun ini akan mengawali tahap 1 pembangunan kantor DPRD di Ransiki. Ia memastikan, pembangunan sarana perkantoran ini telah disesuaikan dengan Master Plan pembangunan Mansel.

Adi menyebut, Realisasi Master Plan ini telah dimulai di tahun 2014 lalu dan akan terus dilanjutkan para bupati berikutnya. Ia berharap setiap bupati terpilih di Mansel konsiten terhadap master plan tersebut. Agar pembangunan terarah tanpa mengabaikan potensi pertanian, perkenunan serta potensi lain yang dapat menjadi sarana untuk mengembangkan daerah ini.

Selain sarana perkantoran, tahun ini Mansel perlahan akan membangun infrastuktur sekolah serta jalan menuju sejumlah distrik yang saat ini masih dalam kondisi yang memprihatikan.

Pembangunan Pelabuhan rencana akan dilakukan tahun ini di Distrik Mumiwaren. Terkait rencana pembangunan ini, Pemda Mansel berencana menghadap ke kementerian perhubungan. “Kami berharap di Momiwaren bisa dijadikan pelabuhan Kapal Perintis,”sebutnya.

Sementara Pelabuhan Oransbari selain kapal barang, Edi berharap bisa juga dimanfaatkan sebagai kapal penumpang. Saat ke ke Jakarta nanti ia akan sekalian meminta kepada menteri perhubungan agar kapal putih diberikan izin operasi ke pelabuhan Oransbari. Sebab menurutnya, pelabuhan tersebut layak untuk menampung kapal penumpang antar provinsi di Indonesia ini.

Mengenai bandar udara, Edi mengaku, Pemda Mansel belum memiliki pemikiran untuk membangunya. Sebab menurutnya jarak antara Mansel dan Manokwari dekat, sehingga jika ingin menggunakan fasilitas transportasi udara cukup ke Manokwari. |TOYIBAN

Tinggalkan Balasan