Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Papua Barat Elisa Sroyer. | CAHAYAPAPUA.com | Dina Rianti

Kabupaten Mansel dan Pegaf Dipastikan Tanpa Wakil Bupati

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com—- Pelaksanaan pemilihan kepala daerah devinitif di Kabupaten Manokwari Selatan dan Pegunungan Arfak dipastikan tanpa calon wakil kepala daerah.

Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Papua Barat Elisa Sroyer, Selasa (20/1/2015),

mengatakan, Pilkada Mansel dan Pegaf tanpa calon wakil kepala daerah karena jumlah penduduk dua daerah otonomi baru itu kurang dari 100 ribu jiwa.

Hal ini menurut Elisa Sroyer mengacu pada peraturan pemerintah penganti Undang-Undang No 1 Tahun 2014 tentang Pemilukada serentak yang kini telah disahkan menjadi UU Pilkada.

Ia mengatakan, mengacu kepada aturan tersebut maka kabupaten atau kota yang jumlah penduduknya kurang dari 100 ribu tidak akan memiliki wakil bupati.

Menurut Elisa Sroyer dalam rapat kesiapan pemerintah Mansel dan Pegaf menyelenggarakan pelaksanaan pemilukada, sudah dua daerah itu sudah diminta klarifikasi terkait jumlah penduduk. Hasilnya jumlah penduduk di Mansel dan Pegaf masih kurang dari 50 ribu jiwa.

“Dari informasi yang diberikan dipastikan dua daerah ini akan tanpa wakil karena jumlah penduduk saja sudah  tidak memenuhi 100 ribu, sehingga tidak mungkin ada wakil bupati,” kata Elisa Sroyer di Manokwari. | DINA RIANTI

One comment

Tinggalkan Balasan