Ilustrasi. | Ist

Kabupaten Pegunungan Arfak Butuh 9 Guru untuk Tiap SD

PEGUNUNGAN ARFAK, CAHAYAPAPUA.com—- Permasalahan di Bidang Pendidikan khususnya di Kabupaten Pegunungan Arfak, masih menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi pemerintah daerah setempat dalam rangka peningkatan mutu sumber daya manusia atau SDM kedepan.

Satu kesulitan yang paling prinsip adalah keberadaan tenaga pengajar, mengingat kondisi topografi serta letak wilayah geografis yang tergolong berat,  membuat penempatan tenaga guru di seluruh wilayah Pegaf butuh perjuangan lebih.

“Idealnya jika ingin sektor pendidikan berkembang pesat di Kabupaten Pegaf, maka di setiap Sekolah Dasar harus minimal memiliki sembilan jumlah guru. Itu tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi Dinas Pendidikan, karena
Pegaf dituntut dapat melakukan peningkatan kualitas di bidang pendidikan,” jelas Kepala Dinas Pendidikan Pegaf, Stoa Dowansiba didampingi Sekretarisnya, Sutikno saat kunker ke Distrik Minyambouw Rabu (4/3/2015).

Dengan kebutuhan jumlah guru SD seperti itu, sebut dia, kesimpulannya Pegaf saat ini secara keseluruhan butuh guru tingkat sekolah dasar sebanyak 400 guru lebih untuk ditempatkan di sepuluh distrik.

Sebuah tantangan yang sangat berat, namun Stoa optimis instansi yang dipimpinnya secara bertahap pasti bisa mengatasi masalah dimaksud.

“Dalam tempo dekat ini, kami akan mengirim seratus guru honorer dari Pegaf untuk magang di Tangerang selama dua bulan. Soal ini tengah kami  koordinasikan dengan Bapak Bupati Mandacan,”tandasnya. |CJ SUARDI SUKMA

One comment

  1. Mau nanya min.
    Masih buka gak pendaftarannya?
    Tempat pendaftarannya di mana?

Tinggalkan Balasan