Kabut Asap. ILUSTRASI

Kabut Asap, Penerbangan di Bandara DEO Sorong Tertunda

SORONG, CAHAYAPAPUA.com– Seluruh penumpang di bandara Domine Edward Osok (Deo) Sorong, Kamis (22/10) kemarin, terlantar akibat penundaan jadwal terbang. Seluruh maskapai penerbangan dari, dan menuju bandara sorong, menutup penerbangan akibat bencana kabut asap yang melanda Provinsi Papua Barat.

Bahkan maskapai Garuda Indonesia, terpaksa membatalkan penerbangan menuju Timika Papua, dan ke Fakfak, Provinsi Papua Barat, akibat jarak pandang yang pendek, berkisar dibawah satu kilometer.

Seluruh penumpang pesawat di bandara Domine Edwar Osok Sorong, tidak bisa berbuat banyak, saat petugas bagian informasi bandara memberitahukan bahwa semua penermbangan dari dan menuju bandara domine edward osok, mengalami keterlambatan, akibat alasan cuaca.

Tampak seluruh penumpang hanya duduk dibawah pohon maupun teras bandara, sambil menunggu kepastian kapan diberangkatkan, dilain sisi, petugas bandara nampak santai, karena tidak ada kegiatan yang berarti. Petugas menara pemantau bandara domine edward osok, terus melakukan komunikasi dengan pilot, yang akan mendarat di bandara kebanggaan warga sorong ini.

Salah satu penumpang bandara, Suranto Hasugian mengatakan, terpaksa menunggu hingga ada kejelasan terkait keberangkatannya, Surangto mengaku menunggu sejak pukul 07.00 WIT. “Saya tunggunya dari jam tujuh pagi, dan belm ada kejelasan jam berapa kita berangkat, karena tadi petugas beri informasi bahwa ada penundaan keberangkatan, akibat asap,” katanya saat ditanya wartawan.

Kepala Petugas Pemantau Navigasi Udara Bandara Domine Edward Osok, Hadi Mulia, dengan singkat menjelaskan, hingga kamis siang kemarin, visibility di Bandara Domine Edward Osok, kurang dari dua kilometer. “Kita menerima data dari BMKG, dengan data yang ada kita update ke pilot,” tutur Hadi. |NASIR